PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI MODEL INDUKTIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI TERMOKIMIA

  • Lucky Prima Universitas Negeri Surabaya
  • Mitarlis . Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan LKPD berorientasi induktif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi termokimia. Maksud dari analisis ini adalah untuk memaparkan kelayakan LKPD yang dikembangkan diperiksa dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode analisis menggunakan rancangan research and development (R&D) melalui tahapan pengembangan dan validasi LKPD. Uji coba dilakukan secara terbatas untuk mendapatkan data empiris kepraktisan dilakukan di salah satu SMAN di Surabaya dengan One-Group Pretest-Posttest Design pada 7 peserta didik kelas XI MIA yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang dipakai yaitu lembar telaah, lembar kevalidan, lembar tes, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD materi termokimia berorientasi model induktif untuk melatih keterampilan berpikir kritis yang memadai serta dipakai dengan memenuhi kategori valid dengan persentase 82,1275%, efektif dengan N-Gain yang diperoleh antara 0,7-1,0, dan kepraktisan dengan persentase ≥ 61% mendapatkan respon positif.

Published
2021-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 302
PDF Downloads: 403