The PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA

Authors

  • Regina Theresya Purba
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Jambi Kampus Pinang Masak, Mendalo, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v10n3.p233-242

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas model Learning Cycle 7E terhadap  kemampuan literasi sains siswa pada pokok bahasan larutan penyangga XI IPA di SMAN 8 Kota Jambi. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA masing-masing 36 orang pada kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMAN 8 Kota Jambi yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini didesain dengan quasi experiment tipe the nonequivalent control group design dalam menentukan perbedaan efektifitas antara model learning cycle 7E dan direct instruction terhadap kemampuan literasi sains siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil uji independent t test disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model  Learning Cycle 7E terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pokok bahasan larutan penyangga di SMAN 8 Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syamsurizal Syamsurizal, Universitas Jambi Kampus Pinang Masak, Mendalo, Jambi

Nama : Dr. Drs. Syamsurizal, M.Si. NIP : 196809181993031003 Status Kepegawaian : Pegawai Negeri Sipil Status Kerja : Dosen Status Keaktifan : Aktif Jabatan Fungsional : Lektor Kepala Tugas Tambahan : Koordinator Pusat Penjaminan Mutu Deskripsi : Jabatan Fungsional Lektor kepala di Prodi Pendidikan Kimia dengan bidang keahlian Farmakologi molekuler dan Kimia Organik khususnya Kimia Bahan Alam

Downloads

Published

2021-09-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 293 , PDF Downloads: 379