The PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v10n3.p233-242Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pokok bahasan larutan penyangga XI IPA di SMAN 8 Kota Jambi. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA masing-masing 36 orang pada kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMAN 8 Kota Jambi yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini didesain dengan quasi experiment tipe the nonequivalent control group design dalam menentukan perbedaan efektifitas antara model learning cycle 7E dan direct instruction terhadap kemampuan literasi sains siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil uji independent t test disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pokok bahasan larutan penyangga di SMAN 8 Kota Jambi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

