PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI KIMIA BERBASIS HOTS YANG LAYAK DITINJAU DARI VALIDITAS ISI OLEH AHLI

  • Titin Musayaroh Universitas Billfath
  • Ika Farida Yuliana Universitas Billfath
  • Fatayah Fatayah Universitas Billfath

Abstract

Literasi kimia adalah salah satu dari 16 keterampilan yang telah diidentifikasi oleh World Economic Forum dan sangat diperlukan pada abad 21. Semua peserta didik harus memiliki literasi kimia supaya bisa berdaya saing di abad 21 ini. Langkah yang bisa dilakukan untuk membuat peserta didik melek literasi kimia salah satunya adalah mengembangkan instrumen tes literasi kimia. Tujuan dari penelitian ini merupakan menghasilkan instrumen tes literasi kimia berdasarkan penilaian ahli secara valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang meliputi tiga tahap antara lain persiapan, pengembangan dan validasi ahli. Subjek penelitian ini adalah instrumen tes literasi kimia yang berjumlah 25 butir soal. Validasi instrumen ini dilakukan oleh lima orang ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli yang telah dilakukan diketahui bahwa 24 butir soal tergolong kategori “sangat tinggi” dan satu soal termasuk “tinggi”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semua butir soal valid untuk dilanjutkan ke tahap uji coba dan penerapan.

Published
2021-09-01
Section
Articles
Abstract Views: 1172
PDF Downloads: 1702