KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI KOLOID

  • Layla Mufidah Universitas Billfath
  • Fatayah Fatayah Universitas Billfath
  • Ika Farida Yuliana Universitas Billfath

Abstract

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang diharapkan pada Kurikulum 2013 adalah siswa memiliki keterampilan yang komprehensif diantaranya: mampu bertindak kreatif, produktif, nalar kritis, sikap mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Hal tersebut menuntut guru untuk memberikan variasi model pembelajaran yang mampu mendorong berkembangnya keterampilan siswa. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan model pembelajaran STEM yang menekankan pembelajaran pada masalah di kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran STEM pada materi koloid ditinjau dari kesesuaian pembelajaran berdasarkan RPP model STEM yang telah disusun. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu mencoba mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model STEM. Hasil pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran STEM diperoleh nilai 74,75% untuk pertemuan pertama, 68,33% untuk pertemuan ke dua, 73,04% untuk pertemuan ke tiga, 68,32% untuk pertemuan ke empat dan 79,46% untuk pertemuan ke lima. Dari ke lima pertemuan, semua hasil skor pengamatan tergolong dalam kategori “Baik”.

Published
2021-09-22
Section
Articles
Abstract Views: 520
PDF Downloads: 631