ANALISIS KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PADA MATERI REAKSI REDOKS DI MA AL-BALAGH BULUTIGO

Authors

  • Putri Eka Arianti Universitas Billfath
  • Ika Farida Yuliana Universitas Billfath
  • Fatayah Fatayah Universitas Billfath

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v13n1.p46-51

Keywords:

Kata kunci: Kemampuan Argumentasi, Lembar Kerja Praktikum.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang masih kurang aktif dalam belajar dan kurang memahami materi pembelajaran sehingga mengakibatkan peserta didik kurang mampu dalam menyampaikan gagasan atau berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi ilmiah. Argumentasi ilmiah merupakan kegiatan yang memberikan penjelasan berdasarkan teori dan data yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep-konsep ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa lembar kerja praktikum. Teknik analisis data yang digunakan yakni Miles and Huberman. Hasil penelitian keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik dalam menjawab soal di lembar kerja praktikum dikategorikan dalam level 1(klaim), level 2 (data), dan level 3 (dukungan), dengan jumlah persentase level 1 sebesar 21,32%, level 2 sebesar 30,88%, level 3 sebesar 47,79%, sementara pada level 4 peserta didik tidak ada yang mampu untuk mencapainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cavagnetto, A., Hand, B.M., & Meier, L. N. 2010. The Nature of Elementary Student Science Discourse in the Context of the Science Writing Heuristic Approach. International Journal of Science Education, Vol 32, No 4, pp. 427‒449.

Devi, N. D. C., Susanti VH, E., & Indriyanti, N. Y. 2018. Analysis of High School Students’ Argumentation Ability in the topic of Buffer Solution. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), Vol 3, No 3, pp. 152‒159.

Faiqoh, N., Khasanah, N., Astuti, L. P., Prayitno, R., & Prayitno, B. A. 2018. Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 7, No 3, pp. 174‒182.

Handayani, P. & Sardianto, M. 2015. Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Palembang Dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, Vol 69, No 2, pp. 34–37.

Muslim, M. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Argumentasi Dialogis dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol 1, No 2, pp. 13–18.

Purnamawati, H., Ashadi, & Susilowati, E. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament

(TGT) Dengan Media Kartu Dan Ular Tangga Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Reaksi Redoks Kelas X Semester 2 Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol 3, No 4, pp. 100–108.

Rahman, A., Diantoro, M., & Yuliati, L. 2018. Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Hukum Newton di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol 3, No 7, pp. 903–911.

Triani, R., Wibowo, M. A., & Fadhilah, R. 2017. Efektivitas Metode Pembelajaran Problem Posing Bersetting Advance Organizer Pada Materi Reaksi Redoks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, Vol 5, No 2, pp. 239–247.

Wahdan, W. Z., Sulistina, O., & Sukarianingsih, D. 2017. Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Materi Ikatan Kimia Peserta Didik SMA, MAN, dan Perguruan Tinggi Tingkat I. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), Vol 2, No 2, pp. 30–40.

Downloads

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 74