PENGARUH CITRA MEREK PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNESA, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI DI SURABAYA
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu prioritas yang utama bagi sebagian besar masyarakat. Apalagi di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan globalisasi yang menginginkan manusia berkualitas dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) citra merek prodi pendidikan Akuntansi Unesa terhadap minat melanjutkan studi siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya, 2) status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya, dan 3) persepsi biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan studi siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya, 4) pengaruh citra merek prodi pendidikan akuntansi unesa, status sosial ekonomi orang tua, dan persepsi biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan studi siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya. Sampel yang diambil berjumlah 148 responden dari populasi sebanyak 234 siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisioner. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa (1) citra merek, status sosial ekonomi, dan persepsi biaya pendidikan secara simultan berpangaruh signifikan terhadap minat melanjutkan studi, (2) citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan studi, (3) status sosial ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi, (4) persepsi biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan studi.
Kata Kunci : Citra merek, status sosial ekonomi orang tua, persepsi biaya pendidikan, minat melanjutkan studi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 283