PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK MATERI PPH 21, PPH 23, & PPH 25 UNTUK SISWA SMK KELAS XII DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk.mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap media pembelajaran animasi yang akan digunakan sebagai bahan pengamatan pada mata pelajaran administrasi pajak untuk siswa SMK kelas XII di Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Arief S. Sadiman. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan jenis data kualitatif dan”kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Data diinterpretasikan berdasarkan perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran audiovisual berupa video animasi. Media telah melalui tahap telaah dan validasi terlebih dahulu oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media. Uji coba produk dilakukan secara terbatas kepada 30 siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 86,7%, validasi ahli media 95,3%, dan respon siswa diperoleh sebesar 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran animasi ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Bahan Pengamatan, Administrasi Pajak.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 88