Penerapan Desain Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry

  • AJENG ARIANATASARI
  • LUQMAN HAKIM

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks guru dan buku teks peserta didik akuntansi perbankan syariah berbasis guided inquiry dengan mengimplementasikan standar BSNP Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian kelayakan buku teks pelajaran akuntansi perbankan syariah berbasis guided inquiry. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Plomp dengan empat fase yakni fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, serta fase tes, evaluasi, dan revisi.

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan materi, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafis buku peserta didik diperoleh persentase rata-rata sebesar 95%. Sedangkan hasil kelayakan materi, kelayakan bahasa, dan kelayakan grafis buku guru diperoleh rata-rata persentase sebesar 94%. Dengan demikian, buku teks pelajaran akuntansi perbankan syariah berbasis guided inquiry dinyatakan sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi, sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Buku Teks, Model Plomp, Kelayakan

Published
2018-07-30
How to Cite
ARIANATASARI, A., & HAKIM, L. (2018). Penerapan Desain Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/24947
Section
Article
Abstract Views: 705
PDF Downloads: 715