PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENCATATAN TRANSAKSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

  • Meta Nanda Pratiwi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk akhir berupa Lembar Kegiatan Siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi pencatatan transaksi perusahaan manufaktur, mengetahui tingkat kelayakan, dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu model 4-D. Namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan komponen kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Keseluruhan hasil validasi LKS berdasarkan 4 komponen kelayakan dari para ahli diperoleh rata-rata persentase sebesar 89%. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKS berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan sangat baik menurut respon siswa dengan hasil persentase sebesar 96,3%.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Pendekatan Saintifik, Pencatatan Transaksi Perusahaan Manufaktur.

How to Cite
Pratiwi, M. N. (1). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENCATATAN TRANSAKSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32743
Section
Article
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 44