PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
Dalam perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurukulum 2013 menuntut siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru juga dituntut untuk memiliki bahan ajar yang inovatif sesuai dengan kurikulum, perkembangan kebutuhan peserta didik, maupun perkembangan teknologi informasi agar dapat memotivasi siswa mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk berupa bahan ajar interaktif akuntansi berbentuk flip book maker pada materi siklus akuntansi jurnal penyesuaian perusahaan jasa yang layak untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang (2) Mengetahui kelayakan bahan ajar interaktif akuntansi yang dikembangkan (3) Mengetahui respon siswa mengenai bahan ajar interaktif akuntansi yang dikembangkan. Model pengembangan yang dikembangkan adalah model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semsel yaitu model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun penelitian ini hanya sampai pada pengembangan (develop). Instrument pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka menghasilkan jenis data kualitatif yang berupa telaah dari ahli media dan ahli materi. Sedangkan angket tertutup menghasilkan jenis data kuantitatif yaitu berupa validasi oleh ahli media, ahli materi dan uji coba terbatas pada 20 siswa kelas X Perbankan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses pengembangan bahan ajar interaktif pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa kelas X Perbankan di SMK Negeri 1 Jombang. (2) Hasil validasi bahan ajar interaktif oleh ahli media memperoleh rata-rata sebesar 82,19% (sangat layak), validasi materi oleh ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 80,63% (sangat layak), dan uji coba terbatas memperoleh nilai sebesar 94% (sangat layak). (3) Respon siswa terhadap bahan ajar interaktif pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa kelas X layak digunakan sebagai pendukung yang digunakan siswa untuk belajar.
Kata Kunci: Bahan ajar interaktif.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 374