PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBASIS ADOBE FLASH CS5 SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF MATERI MENYUSUN REKONSILIASI BANK

  • ERLIN SEPTIANA RAHMAWATI

Abstract

Materi rekonsiliasi bank masih dianggap sulit siswa karena membutuhkan pemahaman teori untuk menyelesaikan soal hitungan. Dibutuhkan media yang tepat untuk menyampaikan materi yaitu dengan media pembelajaran Puzzle. Media Puzzle dapat menyajikan materi lebih jelas dan  menarik dengan dapat meningkatkan daya ingat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi media Puzzle, mendeskripsikan kelayakan media, dan mengetahui respon siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Three D Models berdasarkan teori Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang terbatas pada tahap pengembangan. Media permainan ini diuji cobakan kepada 18 siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri di Surabaya yang telah menerima materi rekonsiliasi bank. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran Puzzle memenuhi kriteria sangat layak/ sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi pada materi rekonsiliasi bank untuk siswa kelas XI Akuntansi.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Puzzle, Adobe Flash CS5, Rekonsiliasi Bank

Published
2014-08-20
How to Cite
SEPTIANA RAHMAWATI, E. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBASIS ADOBE FLASH CS5 SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF MATERI MENYUSUN REKONSILIASI BANK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9064
Section
Article
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 127