Pengaruh Faktor Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kursus Privat (Studi Pada Siswa Sma Kemala Bhayangkari 1 Surabaya)
Abstract
Persaingan pendidikan yang semakin kompetitif menumbuhkan peningkatan pelayanan kursus privat di Indonesia. Kebutuhan siswa akan pelayanan yang lebih dari memuaskan, membuat penyedia kursus privat meningkatkan pelayanannya, yang dapat dijelaskan dalam lima faktor kepuasan konsumen, yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen kursus privat dimana variabel independen yaitu bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) dengan variabel dependen yaitu kepuasan konsumen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Kemala Bhayangkari yang pada saat dilakukan penelitian sedang mengikuti kursus privat. Dari jumlah populasi sebanyak 190 siswa, diambil sampel sebanyak 127 siswa dengan menggunakan teknik penelitian non probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan faktor kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen kursus privat pada siswa SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 52