Pengembangan Modul Pembelajaran Layanan Penjualan Berbasis Komunikasi Pelanggan Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan bahan ajar berupa modul.. layanan penjualan berbasis komunikasi pelanggan yang sudah dikembangkan. Modul yang dikembangkan menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model Analysis, Design, Develop, Implementation, evaluation sebagai landasan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Analisis data dilakukan dengan hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan, dan respon siswa. Hasil validasi ahli secara keseluruhan diperoleh presentase sebesar 93,43% dan dinyatakan sangat layak. Sedangkan angket respon siswa mendapatkan presentase sebesar 89,37% dan dinyatakan sangat layak. Adanya perbedaan nilai pembelajaran pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol menurut uji t yaitu 19.71%. Simpulan bahwa modul layanan penjualan berbasis komunikasi pelanggan di SMK Negeri 2 Buduran layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 126