Pengembangan Modul Pembelajaran Layanan Penjualan Berbasis Komunikasi Pelanggan Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo

Penulis

  • WIDYA RAHAYU

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v7n1.p%25p

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan bahan ajar berupa modul.. layanan penjualan berbasis komunikasi pelanggan yang sudah dikembangkan. Modul yang dikembangkan menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model Analysis, Design, Develop, Implementation, evaluation sebagai landasan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Analisis data dilakukan dengan hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan, dan respon siswa. Hasil validasi ahli secara keseluruhan diperoleh presentase sebesar 93,43% dan dinyatakan sangat layak. Sedangkan angket respon siswa mendapatkan presentase sebesar 89,37% dan dinyatakan sangat layak. Adanya perbedaan nilai pembelajaran pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol menurut uji t yaitu 19.71%. Simpulan bahwa modul layanan penjualan berbasis komunikasi pelanggan di SMK Negeri 2 Buduran layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo.


Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-12-19

Cara Mengutip

RAHAYU, W. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Layanan Penjualan Berbasis Komunikasi Pelanggan Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n1.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 150