PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SEGMENTASI PASAR DI KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran permainan ular tangga pada kompetensi dasar menganalisis segmentasi pasar untuk sekolah menengah kejuruan di program keahlian pemasaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan, model ini terdapat 4 tahap pengembangan, yaitu: define, design, develop dan desseminate. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap develop. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, validasi ahli materi dan ahli media serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata presentase dari validasi materi adalah 90,9% dengan kriteria sangat layak, dan rata-rata presentase dari ahli media adalah 96,3% dengan kriteria sangat. Sementara hasil angket respon siswa uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata presentase adalah 94,4% dengan kriteria sangat layak dan hasil angket respon siswa uji lapangan menunjukkan rata-rata presentase adalah 97% dengan kriteria sangat layak.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Segmentasi Pasar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 442