PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SEGMENTASI PASAR DI KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 LAMONGAN

Penulis

  • HANIF SAFITRI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%25p

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran permainan ular tangga pada kompetensi dasar menganalisis segmentasi pasar untuk sekolah menengah kejuruan di program keahlian pemasaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan, model ini terdapat 4 tahap pengembangan, yaitu: define, design, develop dan desseminate. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap develop. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, validasi ahli materi dan ahli media serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata presentase dari validasi materi adalah 90,9% dengan kriteria sangat layak, dan rata-rata presentase dari ahli media adalah 96,3% dengan kriteria sangat. Sementara hasil angket respon siswa uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata presentase adalah 94,4% dengan kriteria sangat layak dan hasil angket respon siswa uji lapangan menunjukkan rata-rata presentase adalah 97% dengan kriteria sangat layak.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Segmentasi Pasar.




Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-10-01

Cara Mengutip

SAFITRI, H. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SEGMENTASI PASAR DI KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 189 , PDF Downloads: 536