PENPENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DENGAN MEDIASI KEPERCAYAAN DI MARKETPLACE SHOPEE
Abstract
Shopee memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumennya. Pertimbangan tersebut dipengaruhi oleh pengalaman konsumen (X) , kepercayaan konsumen (Z), dan keputusan pembelian (Y). Uji analisis jalur diketahui pengaruh langsung pengalaman konsumen pada keputusan pembelian dengan koefisien jalur P1 sebesar 0,429. Selain itu, diketahui pengaruh tidak langsung pengalaman konsumen terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen melalui jalur P2 x P3 sebesar 0,349. Sehingga, pengalaman konsumen (X) berpengaruh langsung yang lebih besar terhadap keputusan pembelian (Y) dibandingkan pengaruh tidak langsung dari kepercayaan konsumen (Z). Berdasar uji Sobel menunjukkan hasil tabulasi Z sebesar 4,847. Sehingga variabel kepercayaan konsumen dapat memediasi pengaruh pengalaman konsumen terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Hasil uji hipotesis penelitian ini diperoleh pengalaman konsumen (X) mempunyai pengaruh pengaruh terhadap kepercayaan konsumen (Z), serta pengalaman dan kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y), dan kepercayaan konsumen (Z) dapat memediasi pengaruh pengalaman konsumen terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 0