PENPENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DENGAN MEDIASI KEPERCAYAAN DI MARKETPLACE SHOPEE

Penulis

  • SEPTA INDRA RAHARDIAN
  • TRI SUDARWANTO

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v8n2.p%25p

Abstrak

Shopee memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumennya. Pertimbangan tersebut dipengaruhi oleh pengalaman konsumen (X) , kepercayaan konsumen (Z), dan keputusan pembelian (Y). Uji analisis jalur diketahui pengaruh langsung pengalaman konsumen pada keputusan pembelian dengan koefisien jalur P1 sebesar 0,429. Selain itu, diketahui pengaruh tidak langsung pengalaman konsumen terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen melalui jalur P2 x P3 sebesar 0,349. Sehingga, pengalaman konsumen (X) berpengaruh langsung yang lebih besar terhadap keputusan pembelian (Y) dibandingkan pengaruh tidak langsung dari kepercayaan konsumen (Z). Berdasar uji Sobel menunjukkan hasil tabulasi Z sebesar 4,847. Sehingga variabel kepercayaan konsumen dapat memediasi pengaruh pengalaman konsumen terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Hasil uji hipotesis penelitian ini diperoleh pengalaman konsumen (X) mempunyai pengaruh pengaruh terhadap kepercayaan konsumen (Z), serta pengalaman dan kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y), dan kepercayaan konsumen (Z) dapat memediasi pengaruh pengalaman konsumen terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-07-09

Cara Mengutip

INDRA RAHARDIAN, S., & SUDARWANTO, T. (2020). PENPENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DENGAN MEDIASI KEPERCAYAAN DI MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v8n2.p%p

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 287 , PDF Downloads: 0