PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL MATERI PERLINDUNGAN KONSUMEN KELAS XI BDP DI SMKN MOJOAGUNG

  • Nirmalasari Meilia Putri Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Saino Saino Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk akhir yakni booklet sebagai media pembelajaran materi perlindungan konsumen untuk siswa kelas XI BDP SMK Negeri Mojoagung. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yakni define, design, develop, dan disseminate oleh Thiagarajan dan Semmel, namun peneliti hanya melaksanakan sampai tahap pengembangan (develop). Penelitian pengembangan media booklet ini bertujuan (1) mengetahui proses pengembangan booklet, (2) mengetahui kelayakan booklet sebagai media pembelajaran materi perlindungan konsumen, (3) mengetahui respons siswa terhadap booklet sebagai media pembelajaran. Didasarkan hasil validasi ahli materi, booklet memperoleh persentase kelayakan 86%, validasi ahli bahasa memperoleh persentase kelayakan sebesar 80%, dan validasi ahli grafis memperoleh persentase kelayakan 79%. Kemudian dilakukan uji coba terbatas pada 8 siswa XI BDP SMK Negeri Mojoagung dan dilakukan perbaikan, kemudian dilakukan uji coba lapangan sebanyak 20 siswa XI BDP SMK Negeri Mojoagung dengan hasil persentase 87%. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa media pembelajaran booklet perlindungan konsumen dikategorikan sangat layak dipergunakan.

Published
2020-12-03
How to Cite
Putri, N., & Saino, S. (2020). PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL MATERI PERLINDUNGAN KONSUMEN KELAS XI BDP DI SMKN MOJOAGUNG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 925-931. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p925-931
Section
Article
Abstract Views: 494
PDF Downloads: 4606