PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL MATERI PERLINDUNGAN KONSUMEN KELAS XI BDP DI SMKN MOJOAGUNG
Abstract
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk akhir yakni booklet sebagai media pembelajaran materi perlindungan konsumen untuk siswa kelas XI BDP SMK Negeri Mojoagung. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yakni define, design, develop, dan disseminate oleh Thiagarajan dan Semmel, namun peneliti hanya melaksanakan sampai tahap pengembangan (develop). Penelitian pengembangan media booklet ini bertujuan (1) mengetahui proses pengembangan booklet, (2) mengetahui kelayakan booklet sebagai media pembelajaran materi perlindungan konsumen, (3) mengetahui respons siswa terhadap booklet sebagai media pembelajaran. Didasarkan hasil validasi ahli materi, booklet memperoleh persentase kelayakan 86%, validasi ahli bahasa memperoleh persentase kelayakan sebesar 80%, dan validasi ahli grafis memperoleh persentase kelayakan 79%. Kemudian dilakukan uji coba terbatas pada 8 siswa XI BDP SMK Negeri Mojoagung dan dilakukan perbaikan, kemudian dilakukan uji coba lapangan sebanyak 20 siswa XI BDP SMK Negeri Mojoagung dengan hasil persentase 87%. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa media pembelajaran booklet perlindungan konsumen dikategorikan sangat layak dipergunakan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 4606