PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QR CARD PADA MATERI ATRIBUT PRODUK MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah dalam rangka mengembangkan media pembelajaran QR Card pada materi atribut produk pada Kelas XI BDP 3 SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini memanfaatkan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Tetapi tahap disseminate tidak dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu juga biaya sehingga tidak memungkinkan melakukan tahap disseminate. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP 3 SMK Negeri 4 Surabaya. Persentase hasil validasi atas para ahli diperoleh dari perhitungan skor menurut skala Likert, untuk perhitungan skor respon siswa yaitu dipergunakan skala Guttman. Pada hasil penelitian dan pembahasan media QR card yang diperoleh kelayakan validasi materi, 86%, kelayakan validasi media diperoleh kelayakan 81%, dan respon siswa mendapatkan kelayakan 92%. Dengan demikian media QR card layak untuk digunakan dalam pembelajaran sebagai media alternatif dalam kegiatan pembelajaran atas materi atribut produk kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 196