PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QR CARD PADA MATERI ATRIBUT PRODUK MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • Giri Fajar Sanjaya Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah dalam rangka mengembangkan media pembelajaran QR Card pada materi atribut produk pada Kelas XI BDP 3 SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini memanfaatkan model 4D yaitu define,  designdevelop  dan disseminate. Tetapi tahap disseminate tidak dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu juga biaya sehingga tidak memungkinkan melakukan tahap disseminate. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP 3 SMK Negeri 4 Surabaya. Persentase hasil validasi atas para ahli diperoleh dari perhitungan skor menurut skala Likert, untuk perhitungan skor respon siswa yaitu dipergunakan skala Guttman. Pada hasil penelitian dan pembahasan media QR card  yang diperoleh  kelayakan validasi materi, 86%, kelayakan validasi media diperoleh kelayakan 81%, dan respon siswa mendapatkan kelayakan 92%. Dengan demikian media QR card layak untuk digunakan dalam pembelajaran sebagai media alternatif dalam kegiatan pembelajaran atas materi atribut produk kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan.

Published
2020-12-04
How to Cite
Sanjaya, G., & Sudarwanto, T. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QR CARD PADA MATERI ATRIBUT PRODUK MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 939-945. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p939-945
Section
Article
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 196