PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, FITUR PRODUK, DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI OVO SEBAGAI ALAT TRANSAKSI BELANJA

  • Khoirunnisa Khoirunnisa Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga berdampak pada kehidupan masyarakat, salah satunya kegiatan bertransaksi. OVO jadi salah satu alat transaksi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Strategi yang digunakan OVO untuk menarik minat penggunanya yaitu Kemudahan penggunaan, fitur produk, promosi cashback. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Kemudahan penggunaan, fitur produk, dan promosi cashback terhadap minat mahasiswa menggunakan aplikasi OVO secara simultan. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga angkatan 2016-2019 menggunakan aplikasi OVO, dengan total 265 mahasiswa. Memakai teknik Purposive Sampling untuk mengambil sampel sebanyak 159 responden. Pengumpulan data melalui kuesioner di googleform. Teknik analisis data memakai teknik regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, fitur produk dan promosi cashback berpengaruh secara simultan terhadap minat penggunaan sebesar 41,9% dan 58,1% dipengaruhi oleh variabel independen lainnya.

Published
2020-12-10
How to Cite
Khoirunnisa, K., & Dwijayanti, R. (2020). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, FITUR PRODUK, DAN PROMOSI CASHBACK TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI OVO SEBAGAI ALAT TRANSAKSI BELANJA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 979-984. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p979-984
Section
Article
Abstract Views: 652
PDF Downloads: 1213