PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BANTUAN APLIKASI “QUIZIZZ” PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X JURUSAN BDP DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • Novia Widiyanti Putri Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat evaluasi berbasis higher order thinking skill (HOTS) bantuan aplikasi “Quizizz” pada mata pelajaran marketing berupa soal tes penilaian harian (PH) untuk menilai kompetensi peserta didik setelah mempelajari KD 3.7 menganalisis siklus daur hidup produk. Sebanyak 20 butir soal pilihan ganda yang layak digunakan dilengkapi dengan silabus, RPP, kisi-kisi penyusunan soal, pedoman penskoran (rubrik), kunci jawaban dan buku petunjuk penggunaan aplikasi “Quizizz”, serta menjelaskan mutu soal HOTS yang dipakai untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas X jurusan BDP SMK. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall, yang memiliki tahap-tahapan berupa: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa alat evaluasi dikatakan layak digunakan dari segi aspek materi dan konstruksi. Dalam penelitian ini diperoleh data kualitatif berdasarkan hasil validasi ahli didapatkan persentase sebesar 92,5% (sangat tinggi) dan dari konstruksi sebesar 85% (sangat tinggi).

Published
2020-12-11
How to Cite
Putri, N., & Dwijayanti, R. (2020). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BANTUAN APLIKASI “QUIZIZZ” PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X JURUSAN BDP DI SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 985-991. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p985-991
Section
Article
Abstract Views: 784
PDF Downloads: 1382