PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BANTUAN APLIKASI “QUIZIZZ” PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X JURUSAN BDP DI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat evaluasi berbasis higher order thinking skill (HOTS) bantuan aplikasi “Quizizz” pada mata pelajaran marketing berupa soal tes penilaian harian (PH) untuk menilai kompetensi peserta didik setelah mempelajari KD 3.7 menganalisis siklus daur hidup produk. Sebanyak 20 butir soal pilihan ganda yang layak digunakan dilengkapi dengan silabus, RPP, kisi-kisi penyusunan soal, pedoman penskoran (rubrik), kunci jawaban dan buku petunjuk penggunaan aplikasi “Quizizz”, serta menjelaskan mutu soal HOTS yang dipakai untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas X jurusan BDP SMK. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall, yang memiliki tahap-tahapan berupa: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa alat evaluasi dikatakan layak digunakan dari segi aspek materi dan konstruksi. Dalam penelitian ini diperoleh data kualitatif berdasarkan hasil validasi ahli didapatkan persentase sebesar 92,5% (sangat tinggi) dan dari konstruksi sebesar 85% (sangat tinggi).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1382