PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AYAM GORENG NELONGSO CABANG KETINTANG
Abstract
Tujuan penelitian untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap keputusan pembelian. Accidental sampling merupakan teknik pengambilan sampel pada jenis penelitian kuantitatif ini dengan jumlah responden sebanyak 96 responden. Pengumpulan data yang diperoleh dengan teknik wawancara, dan penyebaran kuisioner. Metode analisis yang digunakan yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan koefisien determinasi. Objek yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang mengunjungi kedai Ayam Goreng Nelongso cabang Ketintang. Dalam penelitian ini terlihat bahwa variabel kualitas layanan (X1) pengaruhnya signifikan positif terhadap keputusan pembelian dimana nilai sig 0,045 < 0,05, variabel harga (X2) pengaruhnya signifikan positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0.001 < 0.05. Sehingga variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Serta variabel promosi (X1), dan harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan diperoleh nilai F hitung 10,692 sedangkan F tabel 3.47.
Kata Kunci: layanan kualitas, harga, keputusan pembelian
References
Febriatmoko, Anjar. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (studi pada konsumen Palapa Toserba Surabaya).Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/24419/22343
Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran 12th. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.
Nugroho, Widodo Fandy. (2015). Pengaruh Cafe Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Rolag Kopi Surabaya.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/17068/15516
Purnomo, Albert Kurniawan. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y pada OLD Bens Cafe.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Edisi Pemasaran Kedua. Cetakan Ketiga Bogor. Ghalia Indonesia.
Sunyoto, Danang. (2013). Teori, Kuisioner dan Analisis Data. Yogyakarta : Graha Ilmu
Tjiptono,Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta:Andi.Ulus, Agnes A. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu di PT. Astra International Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2872/2423
Utami, C.W. (2010). Manajemen Ritel. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat
Vita An’nisa. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Little Wings di Bandung.https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/116978/jurnal_eproc/pengaruh-store-atmosphere-terhadap-keputusan-pembelian-konsumen-cafe-little-wings-di-bandung-tahun-2016.pdf
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 609