PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AYAM GORENG NELONGSO CABANG KETINTANG

  • Moh. Ilyas Prameta Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Service quality, price, purchase decision

Abstract

Tujuan penelitian untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap keputusan pembelian. Accidental sampling merupakan teknik pengambilan sampel pada jenis penelitian kuantitatif ini dengan jumlah responden sebanyak 96 responden. Pengumpulan data yang diperoleh dengan teknik wawancara, dan penyebaran kuisioner. Metode analisis yang digunakan yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan koefisien determinasi. Objek yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang mengunjungi kedai Ayam Goreng Nelongso cabang Ketintang. Dalam penelitian ini terlihat bahwa variabel kualitas layanan (X1) pengaruhnya signifikan positif terhadap keputusan pembelian dimana nilai sig 0,045 < 0,05, variabel harga (X2) pengaruhnya signifikan positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0.001 < 0.05. Sehingga variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Serta variabel promosi (X1), dan harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan diperoleh nilai F hitung 10,692 sedangkan F tabel 3.47.
Kata Kunci: layanan kualitas, harga, keputusan pembelian

References

Berman, Barry & Joel R. Evans. (2010). Retail Management, a Strategic Approach, (8th Edition). New Jersey:Pearson.Bisnis dan Akuntansi (EMBA). Vol 1. No.4 Desember. 1134-114. ISSN : 2303-1174.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2872/2423

Febriatmoko, Anjar. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (studi pada konsumen Palapa Toserba Surabaya).Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/24419/22343

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran 12th. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.

Nugroho, Widodo Fandy. (2015). Pengaruh Cafe Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Rolag Kopi Surabaya.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/17068/15516

Purnomo, Albert Kurniawan. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y pada OLD Bens Cafe.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Edisi Pemasaran Kedua. Cetakan Ketiga Bogor. Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. (2013). Teori, Kuisioner dan Analisis Data. Yogyakarta : Graha Ilmu

Tjiptono,Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta:Andi.Ulus, Agnes A. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu di PT. Astra International Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2872/2423

Utami, C.W. (2010). Manajemen Ritel. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat

Vita An’nisa. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Little Wings di Bandung.https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/116978/jurnal_eproc/pengaruh-store-atmosphere-terhadap-keputusan-pembelian-konsumen-cafe-little-wings-di-bandung-tahun-2016.pdf
Published
2021-01-12
How to Cite
Prameta, M. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AYAM GORENG NELONGSO CABANG KETINTANG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p%p
Section
Article
Abstract Views: 304
PDF Downloads: 609