PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SCRIBE PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS DENGAN MATERI POKOK ANALISIS PRODUK DAN LAYANAN KELAS X SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Observasi ini memiliki tujuan memahami kepantasan sarana edukasi Video Scribe dalam materi utama analisis produk dan layanan. Pengembangan Media pembelajaran Video Scribe memakai acuan pengembangan 4D, yang mencangkup dari Define, Design, Development, dan Dessiminate, namun untuk penelitian pengembangan media pembelajaran Video Scribe ini, tahap dessiminate tidak digunakan. Populasi sekaligus representatif pada penelitian sebanyak 35 responsden. Pelaksanaan penelitian menggunakan soal berbentuk pre-test serta post-test dan bertujuan untuk memahami pemahaman siswa tentang pelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media pengkajian Video Scribe. Instrumen pembelajaran Video Scribe memperoleh persentase hasil kelayakan media sebesar 82% dikategorikan sangat Layak, Hasil kelayakan materi diperoleh persentase sebesar 84,6% dan mendapat golongan sangat layak. Sedangkan hasil respons siswa menunjukkan persentase sebesar 79,58% mendapat kategori sangat layak. Instrumen pembelajaran Video Scribe layak digunakan menjadi instrumen untuk proses belajar mengajar didalam ruang pembelajaran.
Kata Kunci : Media pembelajaran, video scribe, kelayakan
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Edisi revisi. Jakarta: Rajawali Press
Busro, Muhammad dan Siskandar. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Media Akademi E book
Sary, Yessy Nur Indah. 2015. Buku mata ajar Evaluasi pendidikan. Ed-1 cet-1. Yogyakarta: deepublish. E-book
Wibowanto, Wandah. 2017. Desain SertaPemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cetakan kedua. Jember:Penerbit Cerdas Ulet Kreatif
Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educationaltechnology: A DefinitionWithCommentary. New York& London: Lawrence ErlbaumAssociates
Munadi, Yudi. 2013. Media Di Pembelajaran: Sebuah PendekatanYangBaru. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group)
Musfaqon. 2012. Pengembangan Media sertaSumber Pembelajaran.Bandung: PT. Prestasi Pustakaraya
Mutaji. 2013. InstrumenPembelajaran.Surabaya: UnesaUniversityPress.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Riyana, Cepi. 2012. Media Pembelajaran. Cetakan ke 2. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kementerian Agama RI
Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Sadiman,Arief. S,dkk. 2010. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Press.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 70