PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SCRIBE PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS DENGAN MATERI POKOK ANALISIS PRODUK DAN LAYANAN KELAS X SMK NEGERI 4 SURABAYA

Penulis

  • Achmad Suherman Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1125-1131

Kata Kunci:

Media pembelajaran, video scribe, kelayakan

Abstrak

Abstrak
Observasi ini memiliki tujuan memahami kepantasan sarana edukasi Video Scribe dalam materi utama analisis produk dan layanan. Pengembangan Media pembelajaran Video Scribe memakai acuan pengembangan 4D, yang mencangkup dari Define, Design, Development, dan Dessiminate, namun untuk penelitian pengembangan media pembelajaran Video Scribe ini, tahap dessiminate tidak digunakan. Populasi sekaligus representatif pada penelitian sebanyak 35 responsden. Pelaksanaan penelitian menggunakan soal berbentuk pre-test serta post-test dan bertujuan untuk memahami pemahaman siswa tentang pelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media pengkajian Video Scribe. Instrumen pembelajaran Video Scribe memperoleh persentase hasil kelayakan media sebesar 82% dikategorikan sangat Layak, Hasil kelayakan materi diperoleh persentase sebesar 84,6% dan mendapat golongan sangat layak. Sedangkan hasil respons siswa menunjukkan persentase sebesar 79,58% mendapat kategori sangat layak. Instrumen pembelajaran Video Scribe layak digunakan menjadi instrumen untuk proses belajar mengajar didalam ruang pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Scribe, Kelayakan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur PenelitiSuatu Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Edisi revisi. Jakarta: Rajawali Press

Busro, Muhammad dan Siskandar. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Media Akademi E book

Sary, Yessy Nur Indah. 2015. Buku mata ajar Evaluasi pendidikan. Ed-1 cet-1. Yogyakarta: deepublish. E-book

Wibowanto, Wandah. 2017. Desain SertaPemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cetakan kedua. Jember:Penerbit Cerdas Ulet Kreatif

Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educationaltechnology: A DefinitionWithCommentary. New York& London: Lawrence ErlbaumAssociates

Munadi, Yudi. 2013. Media Di Pembelajaran: Sebuah PendekatanYangBaru. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group)

Musfaqon. 2012. Pengembangan Media sertaSumber Pembelajaran.Bandung: PT. Prestasi Pustakaraya

Mutaji. 2013. InstrumenPembelajaran.Surabaya: UnesaUniversityPress.

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Riyana, Cepi. 2012. Media Pembelajaran. Cetakan ke 2. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kementerian Agama RI

Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Sadiman,Arief. S,dkk. 2010. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Press.

Diterbitkan

2021-06-12

Cara Mengutip

Suherman, A., & Sudarwanto, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SCRIBE PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS DENGAN MATERI POKOK ANALISIS PRODUK DAN LAYANAN KELAS X SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1125–1131. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1125-1131

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 107 , PDF Downloads: 105