PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK “LUWAK WHITE KOFFIE” (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SUNAN BONANG TUBAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Luwak White Koffie pada mahasiswa Universitas Sunan Bonang Tuban. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan penentuan sampel menggunakan rumus slovin diperoleh 94 jumlah responden. Teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Variabel celebrity endorser tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi -0.169. Variabel kualitas produk memberikan sumbangan pengaruh pada keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi 0.324. Celebrity endorser dan kualitas produk bernilai positif, sehingga celebrity endorser dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh produsen produk kopi, untuk pembaca, dan dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.
Kata Kunci : Celebrity endorser, kualitas produk, keputusan pembelian
References
Antoro, Agus Dwi & Endang Sutrasmawati. (2015) Pengaruh Daya Tarik Iklan, EndorserDan ]Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektifitas Iklan Televisi. Universitas Negeri Semarang. Online.(https://docplayer.info/70379942-Pengaruh-daya-tarik-iklan-endorser-dan-frekuensi-penayangan-iklan-terhadap-efektivitas-iklan-televisi.html)
Bramantya, Yan & Jatra. 2016. Pengaruh CelebrityEndorserdan BrandTerhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX Di Kota Denpasar. Vol. 5 No. 3 2016. Online. (https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/17379)
Chumairah, Hamid, Wijiyanty. (2018). Pengaruh CelebrityEndorserdan Kualitas Produk terhadapKeputusan Pembelian Sate Taichan “Goreng” (Studi Pada Konsumen Sate Taichan “Goreng” Cabang Tebet”. Vol. 15 No. 1 April 2018. Online. (http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/view/1219)
D Malik, LB Hasiholan, MU Abshor. (2018). “Pengaruh Harga,Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Torabika Duo”. Vol. 4 No. 4 2018. Online. (https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/1029)
Fifyanita. 2012. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pembelian Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang)”. Vol. 1 No. 2 2012. Online.(https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/755/730)
Hansudoh, Steven Agustinus. 2012. Pengaruh CelebrityEndorsementTerhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value pada Produk Top Coffe Di Surabaya. Vol. 1 No. 5 2012. Online. (http://journal.wima.ac.id/index.php/JUMMA/article/view/309)
Kertamukti. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Depok: PT Raja Grafindo Persada. ISBN 978-979-769-800-3Kholidah, Nur Febriana. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terrhadap Keputusan Pembelian Nasi Krawu Di Kota Gresik. Vol. 4 No. 3 2016. Online. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/index)
Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga. ISBN 978-013-210-292-6
Kotler & Keller. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks. ISBN 978-1-292-09262-1
Shimp, Terence A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat. ISBN 978-979-061-477-2
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset. Yogyakarta. ISBN 978-979-29-4417-4
Wulandari, Rahayu & Nurcahya. 2015. Pengaruh CelebrityEndorser, BrandImage, BrandTrust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar. Vol. 4 No.11 2015. Online. (https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14913)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 537