ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM RUMAH KOPI TEMANGGUNG

  • Rian Wintoko Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Strategi pemasaran, analisis SWOT, UKM rumah kopi temanggung.

Abstract

Strategi pemasaran yang tepat mempunyai peran penting bagi UKM sehingga mampu meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat umtuk diterapkan dan dikembangkan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Rumah Kopi Temanggung. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tringulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dilakukan kepada pemilik dan karyawan UKM Rumah Kopi Temanggung, serta Kepala DisperindagKop dan UMKM Kabupaten Temanggung. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil analisis data matriks SWOT diperoleh total skor IFE sebesar 3,22 dan total skor EFE sebesar 2,99 menghasilkan posisi matriks di kuadran 1 dengan strategi IE sehingga memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatan yang di miliki UKM Rumah kopi Temanggung.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, analisis SWOT, UKM rumah kopi temanggung.

References

Abdillah, Muhammad Bahtiar, dkk. 2017. Analisis Strategi Bisnis pada UMKM Kerajinan Bambu di Kota Bandung. Jurnal AdBispreneur Vol. 2, No. 3.

Artha, M. Tommy. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT pada UKM INTAKO Tanggulangin, Sidoarjo. Vol: 07.

Daved. 2011. Manajemen Strateg. Buku 1. Diterjemahkan oleh Paulyn Sulistio. Edisi kesepuluh. Jakatra: Salemba Empat.

David, Fred R. 2010. Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat

Fahmi, Mirza. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika ”Bergendaal Koffie” di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Agrisep Vol. 14, No.1

Faqih, A., dkk. 2019. Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelaku UMKM di Pedukuhan Ngaseman melalui Program Kerja Pengenalan dan Penyuluhan Digital Marketing Sistem. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, Vol.1

Hariyanti, N. 2019. Pelatihan Produksi Mie Organik untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi UMKM di Banjarsari. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 3, No.2http:// www.bps.go.id/usaha kecil menengah diIndonesia.

Hunger David. J dan Richard B. 2008. Manajemen Strategis. Yigyakarta: Andi

Kara, M. 2013. Konstribusi Pembbiayaan Perbankan Syariah terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum, Vol. 47, No. 1’

Mahendra, Angga Martha. 2015. SWOT Analisis sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran dalam Upaya Membangkitkan Usaha Sepatu di Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan Kabupaten Mojokerto. Vol: 01.

Noor, Syamsudin. 2014. Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNAVOL. 17, No. 2.

Rangkuti. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suhartini. 2012. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Perusahaan. Jurnal Teknik Industri Muhammadiyah Gersik. Vol XII (2).

Sulistiono, dan Mumuh Mulyana. 2012. Strategi Pengembangan UKM Pengrajin Sepatu Sendal (Studi pada UKM Pengrajin Sepatu Sendal Ciomas Bogor. Jurnal Ilmiah Ranggading. Vol. 12 (1).

Sulistyani, Pratama Aditya, Setiyanto. 2016. Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM. Jurnal Pemasaran Vol 3, No. 2
Published
2021-04-12
How to Cite
Wintoko, R., & Marlena, N. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM RUMAH KOPI TEMANGGUNG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1160-1166. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1160-1166
Section
Article
Abstract Views: 768
PDF Downloads: 947