ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM RUMAH KOPI TEMANGGUNG
Abstract
Strategi pemasaran yang tepat mempunyai peran penting bagi UKM sehingga mampu meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat umtuk diterapkan dan dikembangkan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Rumah Kopi Temanggung. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tringulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dilakukan kepada pemilik dan karyawan UKM Rumah Kopi Temanggung, serta Kepala DisperindagKop dan UMKM Kabupaten Temanggung. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil analisis data matriks SWOT diperoleh total skor IFE sebesar 3,22 dan total skor EFE sebesar 2,99 menghasilkan posisi matriks di kuadran 1 dengan strategi IE sehingga memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatan yang di miliki UKM Rumah kopi Temanggung.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, analisis SWOT, UKM rumah kopi temanggung.
References
Artha, M. Tommy. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT pada UKM INTAKO Tanggulangin, Sidoarjo. Vol: 07.
Daved. 2011. Manajemen Strateg. Buku 1. Diterjemahkan oleh Paulyn Sulistio. Edisi kesepuluh. Jakatra: Salemba Empat.
David, Fred R. 2010. Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat
Fahmi, Mirza. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika ”Bergendaal Koffie” di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Agrisep Vol. 14, No.1
Faqih, A., dkk. 2019. Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelaku UMKM di Pedukuhan Ngaseman melalui Program Kerja Pengenalan dan Penyuluhan Digital Marketing Sistem. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, Vol.1
Hariyanti, N. 2019. Pelatihan Produksi Mie Organik untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi UMKM di Banjarsari. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 3, No.2http:// www.bps.go.id/usaha kecil menengah diIndonesia.
Hunger David. J dan Richard B. 2008. Manajemen Strategis. Yigyakarta: Andi
Kara, M. 2013. Konstribusi Pembbiayaan Perbankan Syariah terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum, Vol. 47, No. 1’
Mahendra, Angga Martha. 2015. SWOT Analisis sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran dalam Upaya Membangkitkan Usaha Sepatu di Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan Kabupaten Mojokerto. Vol: 01.
Noor, Syamsudin. 2014. Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNAVOL. 17, No. 2.
Rangkuti. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suhartini. 2012. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Perusahaan. Jurnal Teknik Industri Muhammadiyah Gersik. Vol XII (2).
Sulistiono, dan Mumuh Mulyana. 2012. Strategi Pengembangan UKM Pengrajin Sepatu Sendal (Studi pada UKM Pengrajin Sepatu Sendal Ciomas Bogor. Jurnal Ilmiah Ranggading. Vol. 12 (1).
Sulistyani, Pratama Aditya, Setiyanto. 2016. Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM. Jurnal Pemasaran Vol 3, No. 2
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 947