ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM RUMAH KOPI TEMANGGUNG

Penulis

  • Rian Wintoko Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1160-1166

Kata Kunci:

Strategi pemasaran, analisis SWOT, UKM rumah kopi temanggung.

Abstrak

Strategi pemasaran yang tepat mempunyai peran penting bagi UKM sehingga mampu meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat umtuk diterapkan dan dikembangkan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Rumah Kopi Temanggung. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tringulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dilakukan kepada pemilik dan karyawan UKM Rumah Kopi Temanggung, serta Kepala DisperindagKop dan UMKM Kabupaten Temanggung. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil analisis data matriks SWOT diperoleh total skor IFE sebesar 3,22 dan total skor EFE sebesar 2,99 menghasilkan posisi matriks di kuadran 1 dengan strategi IE sehingga memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatan yang di miliki UKM Rumah kopi Temanggung.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, analisis SWOT, UKM rumah kopi temanggung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-04-12

Cara Mengutip

Wintoko, R., & Marlena, N. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM RUMAH KOPI TEMANGGUNG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1160–1166. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1160-1166

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 1104 , PDF Downloads: 1358