PENGARUH PRODUK KFC DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RESTORAN CEPAT SAJI KFC DIPONEGORO SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan dalam hal menjelaskan dan menganalisa dampak dari produk KFC dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen restoran cepat saji KFC Diponegoro Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik pengambilan sample ialah metode accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 71 responden. Responden yang menjadi acuan pada penelitian ini yakni konsumen yang pada waktu itu melakukan pembelian di restoran cepat saji KFC Diponegoro Surabaya. Dengan menggunakan teknik analisis data yang dipakai yaitu teknik analisis regresi linier berganda didukung dengan teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data primer melalui cara pengambilan angket dengan pengolahan data menggunakan SPPS versi 16.0. Hasil dari penelitian yang telah diujikan menunjukkan jika produk berpengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian, harga berpengaruh positif signifikan pada keputusan pembelian, produk dan harga berpengaruh positif yang signifikan pada keputusan pembelian.
Kata Kunci : Produk, Harga, Keputusan Pembelian
References
Cahya, Eva. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Sony Experia Z Series Di Counter Insight Plaza Marina Surabaya Program Study S1 Pendidikan Ekonomi. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya. PPs Universitas Negeri Surabaya
Gain, Robert, Herdinata, Christian, dan Sienatra, K.B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 2. No. 2.
Habibah, Ummu dan Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis. Vol. 1 No. 1.
Heryanto, Imam. ( 2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship. Vol. 9 No. 2.
Igir, Friani G., Tampi, Jhony R.E., dan Taroreh, Henny. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan PembelianMobil Diahatsu Grand Max Pick Up (Studi Pada PT Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang).Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6 No. 2.
Ilat, Lydia V., Sri Murni dan Tommy Parengkuan. (2018). Analisis Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada UKM D’Cendol di EIC UNSRAT. Jurnal EMBA. Vol. 6 No. 4.
Kotler, Philipdan Amstrong, Gary. (2010). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Edisi 12.Jilid 1.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Edisi 13.Jilid 1.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Edisi 14.Jilid 1.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Edisi 13.Jilid Satu.
Kristian, Denny dan Rita Widayanti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada MahasiswaKampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Vol. 16 No. 1.
Malhotra, Naresh K. (2009). Riset PemasaranPendekatan Terapan. Jakarta: PT Index. Jilid 1.
Prasetijo, Ristiyanti. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Riani, Aprida, Setyo Adjie, dan Siti Chamidah. (2019). Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Kain Kiloan Aulia Ponorogo)dalam Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntasi.Vol. 3 No. 1.
Setiawan, Wilson dan Sugiono Sugiharto. (2014). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 2 No. 1.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sumarni, Murtidan John Soeprihanto. (2010).Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta : Liberty. Edisi ke 5.
Swastha, Basu dan Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Edisi 2.
Swastha, Basu dan Hani Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE UGM.
Widyasari, Susi dan Erna Triastuti Fifilia. (2009). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Perumahan Graha Estetika Semarang).Jurnal TEMA. Vol. 6 No. 2.
Zulaichadan Irawati. (2016). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. Inovbiz : Jurnal Inovasi dan Bisnis. Vol. 4 No. 2.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1150