PENGARUH FITUR LAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA PENGGUNA OVO
Abstract
E-money menjadi pilihan konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran non-tunai yang lebih efisien, khususnya pada pembelian makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fitur layanan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman pada pengguna OVO. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang sudah melakukan transaksi pembayaran menggunakan OVO di Food Court yang ada di Surabaya. Pengukuran sampel menggunakan teknik non probability sampling, dengan metode purposive sampling sebanyak 210 responden, dengan kisaran usia 18-45 tahun. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda, dengan bantuan SPSS 25. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa fitur layanan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,066 dan promosi penjualan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,050. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa fitur layanan dan promosi penjualan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,861.
Kata Kunci : Fitur Layanan, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, E-wallet
References
Atriani., Permadi, L.A. & Rinuastuti, B.H. (2020). Pengaruh Presepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora.6 (1), 54-61. ISSN 2461-0666. Online.https://jseh.unram.ac.id/index.php/jseh/article/view/78
Devita, V.D. (2019).Siapa Aplikasi E-Wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia.Diakses pada 8 Desember2019. https://www.google.com/amp/s/iprice.co.id/trend/insights/e-wallet-terbaik-di-indonesia/
Fahmilmaleki, M., Aghigi, A. & Hamidi, K. (2015). Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behavior. International Journal of Economics & Management Science.4 (4). 1-6. ISSN 2162-6359. Online.https://www.researchgate.net/publication/277967846_Analyzing_the_Influence_of_Sales_Promotion_on_Customer_Purchasing_Behavior
Hamidah, S. & Anita, D. (2013). Analisis Presepsi Citra Merek, Desain, Fitur, Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus STIE Pelita Indonesia). Jurnal Ekonomi, 21(4), 1-20.Online. https://www.neliti.com/publications/8706/analisis-persepsi-citra-merek-desain-fitur-dan-pengaruhnya-terhadap-keputusan-pe
Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani, Eds.). Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran . Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Laheba, Y.A. & Tumbuan, W.J.F.A. & Soepeno, D. (2015). Pengaruh Citra Merek, Fitur dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian HandphoneSamsung (Studi Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Jurnal EMBA. 3 (3), 99-108. ISSN 2303-11. Online. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/9320
Malhotra, N.K. (2017). Riset Pemasaran Pendektan Terapan. Edisi 4. Jakarta: Indeks.
Marknesis. T. (2009). Pemasaran Strategi, Taktik & Kasus. Yogyakarta: Jelajah Nusa.
Prasetiyo, B. &Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi. 2 (2), 57-65. ISSN 2621-5306. Online. http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/17
Putra, P.A.W. & Seminari, N.K. (2014). Pengaruh Fitur, Layanan Pelengkap Dan Garansi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone(Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana Denpasar. 3 (8), 2349-2363. Online.https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/8665
Sholihat, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Krema Koffie. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 5(1), 1-15. Online.https://www.neliti.com/publications/204752/pengaruh-promosi-penjualan-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-keputusan-pembelian-d
Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik dalam Sistem Pembayaran. Yuridika E-jounal Universitas Airlangga. 32 (1), 134-166. ISSN 0215-840X. Online.https://e-journal.unair.ac.id/YDK/article/view/4431
Wibowo, S.F., Sasmita, I. & Murti, A.K. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. 4(2), 184-200. Online.http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/785/694
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 856