PENGARUH FITUR LAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA PENGGUNA OVO

  • Galuh Yunas Shabrina Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Renny Dwijayanti Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
E-money menjadi pilihan konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran non-tunai yang lebih efisien, khususnya pada pembelian makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fitur layanan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman pada pengguna OVO. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang sudah melakukan transaksi pembayaran menggunakan OVO di Food Court yang ada di Surabaya. Pengukuran sampel menggunakan teknik non probability sampling, dengan metode purposive sampling sebanyak 210 responden, dengan kisaran usia 18-45 tahun. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda, dengan bantuan SPSS 25. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa fitur layanan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,066 dan promosi penjualan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,050. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa fitur layanan dan promosi penjualan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,861.
Kata Kunci : Fitur Layanan, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, E-wallet

Published
2021-08-22
How to Cite
Shabrina, G., & Dwijayanti, R. (2021). PENGARUH FITUR LAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA PENGGUNA OVO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1258-1264. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40559
Section
Article