PENGARUH CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK BATIK BENANG RAJA
Abstract
Batik menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk berbagai macam kegiatan, fenomena tersebut mendukung banyak produk batik bermunculan dengan menawarkan desain busana yang baik dan elegan untuk memenuhi kebutuhan dalam berpakaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian pada produk batik Benang Raja. Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah membeli batik secara langsung di Benang Raja. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan jumlah sampel 110 responden. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner online dalam bentuk google form yang dilakukan selama tiga minggu yaitu 12 Juni sampai 1 Juli 2020. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek (X1) dan desain produk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y) pada produk batik Benang Raja.
Kata Kunci : Citra Merek, Desain Produk, dan Keputusan Pembelian.
References
Abdullah, T., & Francis,T. (2012). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan PembelianSepatu Nike Original Pada Pelanggan Sport Station Solo. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 178–189. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i2.2211
Ariella, Irfan Rizqullah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 3(2), 215-221. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/683
Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek & Psikologi Kemasan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu
Klimchuk, M. R&Sandra,A. Krasovec. (2007). Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Susanto.,A.B. (1999). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Edisi pertama,Jakarta: Salemba empat.
Mubarok, Husni. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng “Bresto” Di Ud. Arshaindo, Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).6(4), 151-158. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/25569. ISSN 2337-6078
Mukarromah, D. S., & Rofiah, C. (2019). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.346
Nitisusastro, H. Mulyadi. (2012). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Prastyo, Indra Dino. (2020). Pengaruh Citra Merekdan Desain Produk Terhadap Keputusan Penggunaan Motor Bajaj Pulsar (Pada Konsumen Di Komunitas Motor Pulsar). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). 8(3),918-924. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/35844/31884. ISSN 2337-6078
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap KeputusanPembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2298
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sumarsono, H., &Santoso, A. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Batik Mukti. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 81. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.242
Suryani, Tatik. (2008). Perilaki Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tjiptono, Fandy. (2011). Manajemen & Strategi Merek.Yogyakarta: Andi Offset
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 486