PENGARUH CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK BATIK BENANG RAJA

  • Citra Ramadhani Panjaitan Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Batik menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk berbagai macam kegiatan, fenomena tersebut mendukung banyak produk batik bermunculan dengan menawarkan desain busana yang baik dan elegan untuk memenuhi kebutuhan dalam berpakaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian pada produk batik Benang Raja. Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah membeli batik secara langsung di Benang Raja. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan jumlah sampel 110 responden. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner online dalam bentuk google form yang dilakukan selama tiga minggu yaitu 12 Juni sampai 1 Juli 2020. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek (X1) dan desain produk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y) pada produk batik Benang Raja.
Kata Kunci : Citra Merek, Desain Produk, dan Keputusan Pembelian.

Published
2021-06-22
How to Cite
Panjaitan, C., & Harti, H. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK BATIK BENANG RAJA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1293-1299. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40583
Section
Article