PENGARUH CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK BATIK BENANG RAJA

  • Citra Ramadhani Panjaitan Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Harti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: citra merek, desain produk, dan keputusan pembelian

Abstract

Batik menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk berbagai macam kegiatan, fenomena tersebut mendukung banyak produk batik bermunculan dengan menawarkan desain busana yang baik dan elegan untuk memenuhi kebutuhan dalam berpakaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian pada produk batik Benang Raja. Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah membeli batik secara langsung di Benang Raja. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan jumlah sampel 110 responden. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner online dalam bentuk google form yang dilakukan selama tiga minggu yaitu 12 Juni sampai 1 Juli 2020. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek (X1) dan desain produk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y) pada produk batik Benang Raja.
Kata Kunci : Citra Merek, Desain Produk, dan Keputusan Pembelian.

References

Aaker, David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategis. Edisi Kedelapan. Jakarta: Salemba Empat

Abdullah, T., & Francis,T. (2012). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan PembelianSepatu Nike Original Pada Pelanggan Sport Station Solo. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 178–189. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i2.2211

Ariella, Irfan Rizqullah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 3(2), 215-221. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/683

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek & Psikologi Kemasan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Klimchuk, M. R&Sandra,A. Krasovec. (2007). Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Susanto.,A.B. (1999). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Edisi pertama,Jakarta: Salemba empat.

Mubarok, Husni. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng “Bresto” Di Ud. Arshaindo, Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).6(4), 151-158. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/25569. ISSN 2337-6078

Mukarromah, D. S., & Rofiah, C. (2019). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.346

Nitisusastro, H. Mulyadi. (2012). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Prastyo, Indra Dino. (2020). Pengaruh Citra Merekdan Desain Produk Terhadap Keputusan Penggunaan Motor Bajaj Pulsar (Pada Konsumen Di Komunitas Motor Pulsar). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). 8(3),918-924. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/35844/31884. ISSN 2337-6078

Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap KeputusanPembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2298

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sumarsono, H., &Santoso, A. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Batik Mukti. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 81. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.242

Suryani, Tatik. (2008). Perilaki Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tjiptono, Fandy. (2011). Manajemen & Strategi Merek.Yogyakarta: Andi Offset
Published
2021-06-22
How to Cite
Panjaitan, C., & Harti, H. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK BATIK BENANG RAJA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1293-1299. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1293-1299
Section
Article
Abstract Views: 339
PDF Downloads: 486