PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO

  • Supriono Supriono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keputusan siswa dalam memilih Jurusan Bisnis Online dan Pemasaran di SMK Negeri Sekar Kabupaten Bojonegoro. Sampel dalam penelitian ini adalah 110 mahasiswa Jurusan Bisnis Online dan Pemasaran Tahun 2017-2019. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor internal dan eksternal secara simultan atau parsial terhadap keputusan siswa dalam memilih Jurusan Bisnis Online dan Pemasaran SMK Negeri Sekar Bojonegoro. Kabupaten. Faktor internal berpengaruh dominan terhadap keputusan siswa dalam memilih Jurusan Bisnis dan Pemasaran Online di SMK Negeri Sekar Kabupaten Bojonegoro.

Kata Kunci: faktor eksternal; faktor internal; keputusan siswa

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Manajemen Pemasaran. Alih bahasa: Bob Sabran.ed.12. Jilid I.Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip, dan Keller, K.,L. 2016. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2, edisi kdua belas. Jakarta: Indeks

Lovelock, Christoper, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry. 2011. Pemasaran Jasa. Alih bahasa oleh Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera. Jilid 1. Jakarta. Erlangga

Mowen, J.C. 2012. Consumer Behavior. Newyork: Macmillan Publishing Company.

Prasetijo, Ristiayanti dan Ihalauw, John J.O.I. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset

Rangkuti, Freddy. 2014. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta, cv

Schiffman and Kanuk, Leislie Lazar.2010. Perilaku Konsumen. Zulkifli Kasip (alih bahasa) Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indexs

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen, Cetakan keempat, Edisi revisi.Jakarta: Kencana.

Sumarwan, Ujang, 2011. Perilaku Konsumen. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2021-12-14
How to Cite
Supriono, S. (2021). PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1619-1625. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1619-1625
Section
Article
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 120