PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI SEKAR KABUPATEN BOJONEGORO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keputusan siswa dalam memilih Jurusan Bisnis Online dan Pemasaran di SMK Negeri Sekar Kabupaten Bojonegoro. Sampel dalam penelitian ini adalah 110 mahasiswa Jurusan Bisnis Online dan Pemasaran Tahun 2017-2019. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor internal dan eksternal secara simultan atau parsial terhadap keputusan siswa dalam memilih Jurusan Bisnis Online dan Pemasaran SMK Negeri Sekar Bojonegoro. Kabupaten. Faktor internal berpengaruh dominan terhadap keputusan siswa dalam memilih Jurusan Bisnis dan Pemasaran Online di SMK Negeri Sekar Kabupaten Bojonegoro.
Kata Kunci: faktor eksternal; faktor internal; keputusan siswa
References
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Manajemen Pemasaran. Alih bahasa: Bob Sabran.ed.12. Jilid I.Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip, dan Keller, K.,L. 2016. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2, edisi kdua belas. Jakarta: Indeks
Lovelock, Christoper, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry. 2011. Pemasaran Jasa. Alih bahasa oleh Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera. Jilid 1. Jakarta. Erlangga
Mowen, J.C. 2012. Consumer Behavior. Newyork: Macmillan Publishing Company.
Prasetijo, Ristiayanti dan Ihalauw, John J.O.I. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset
Rangkuti, Freddy. 2014. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta, cv
Schiffman and Kanuk, Leislie Lazar.2010. Perilaku Konsumen. Zulkifli Kasip (alih bahasa) Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indexs
Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen, Cetakan keempat, Edisi revisi.Jakarta: Kencana.
Sumarwan, Ujang, 2011. Perilaku Konsumen. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.Yogyakarta: Andi Offset.
Copyright (c) 2021 supriono supriono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 120