PENGARUH DOMPET DIGITAL DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS FRANCHISE MINUMAN (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime di Lippo Plaza Sidoarjo)

  • Layli Durrotun Nabila Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Perusahaan melakukan strategi pemasaran demi mencapai target penjualan dengan cara promosi penjualan yang ditawarkan dan memberikan kemudahan transaksi berupa tersedianya alat pembayaran dompet digital dengan tujuan agar konsumen melakukan keputusan pembelian pada suatu produk. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Menggunakan teknik sampling yakni non probability sampling, teknik pengambilan sampel puposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 178 responden. Pengumpulan data dengan angket online, teknik analisis dengan analisis linier berganda, menggunakan SPSS 25. Hasil uji regresi linier berganda adalah adanya hubungan antara dompet digital dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dompet digital (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan presentase sebesar 24,1%. Variabel promosi penjualan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan presentase sebesar 46,3%. Variabel dompet digital dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Chatime di Lippo Plaza Sidoarjo sebesar 42,9%.
Kata Kunci: Dompet Digital, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian

Published
2020-12-01
How to Cite
Nabila, L. (2020). PENGARUH DOMPET DIGITAL DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS FRANCHISE MINUMAN (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime di Lippo Plaza Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1034-1040. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p1034-1040
Section
Article
Abstract Views: 1279
PDF Downloads: 2194