PENGARUH DOMPET DIGITAL DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS FRANCHISE MINUMAN (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime di Lippo Plaza Sidoarjo)
Abstract
Abstrak
Perusahaan melakukan strategi pemasaran demi mencapai target penjualan dengan cara promosi penjualan yang ditawarkan dan memberikan kemudahan transaksi berupa tersedianya alat pembayaran dompet digital dengan tujuan agar konsumen melakukan keputusan pembelian pada suatu produk. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Menggunakan teknik sampling yakni non probability sampling, teknik pengambilan sampel puposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 178 responden. Pengumpulan data dengan angket online, teknik analisis dengan analisis linier berganda, menggunakan SPSS 25. Hasil uji regresi linier berganda adalah adanya hubungan antara dompet digital dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dompet digital (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan presentase sebesar 24,1%. Variabel promosi penjualan (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan presentase sebesar 46,3%. Variabel dompet digital dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Chatime di Lippo Plaza Sidoarjo sebesar 42,9%.
Kata Kunci: Dompet Digital, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 2194