ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN REMPEYEK TUBAN

  • Siti Machfudlotin Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian rempeyek Tuban. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan rumus Slovin sehingga jumlah responden 89 konsumen yang melakukan pembelian rempeyek Tuban. Pengumpulan data berupa observasi dan angket online. Penelitian ini menggunakan teknik analisis faktor dengan KMO (Kaiser-Mayer-Olkin). Faktor pertama pemenuhan kebutuhan sekunder dengan varians sebesar 37,244%, faktor kedua faktor rempeyek yang disajikan menggugah selera dengan varians sebesar 9,834%. Faktor ketiga faktor pengaruh tetangga dengan varians sebesar 6,948%, faktor keempat faktor harga mempengaruhi daya beli konsumen dengan varians sebesar 5,492%, faktor kelima faktor pemenuhan kebutuhan fisik dengan varians sebesar 5,008%, faktor keenam faktor kebutuhan fisiologis yaitu tingkat paling dasar yang berhubungan dengan kebutuhan primer dengan varians sebesar 4,489%. Sehingga yang menjadi faktor dominan yaitu faktor pertama adalah faktor pemenuhan kebutuhan sekunder. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pihak home industri, dan untuk pembaca.
Kata Kunci : Rempeyek Tuban, Keputusan pembelian, Analisis faktor

Published
2020-12-01
How to Cite
Machfudlotin, S. (2020). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN REMPEYEK TUBAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1013-1019. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p1013-1019
Section
Article
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 92