ANALISIS PERILAKU KONSUMSI PENGGUNA APLIKASI E-MONEY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Rofiqoh Daliyah Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumsi pengguna aplikasi e-money pada kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana mahasiswa aktif jurusan pendidikan ekonomi Universitas Negeri Surabaya menjadi informan pada penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan yaitu menggunakan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Analisis data menggunakan reduksi data, tabulasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan setelah melakukan penelitian, bahwa gaya hidup setiap mahasiswa dalam berkonsumsi berbeda-beda dan perilaku konsumtif yang mendominasi perilaku konsumsi dalam menggunakan aplikasi e-money. Gaya hidup para mahasiswa dalam berkonsumsi menggunakan aplikasi e-money sebagai alat transaksi yaitu mahasiswa mempunyai perilaku yang konsumtif sebanyak 81,8%, perilaku rasional sebanyak 77,3%, perilaku hedonis sebanyak 72,3%, dan perilaku irasional sebanyak 59,1%. Perilaku konsumtif, membeli produk jika promo, mengikuti tren, mengikuti teman. Perilaku rasional, memperhatian pembelian sesuai dengan kebutuhan. Perilaku hedonis, membeli produk bermerk. Perilaku irasional, membeli jika belum membutuhkan barang tersebut dan hanya berdasarkan keinginannya.
Kata Kunci : perilaku konsumsi, gaya hidup, aplikasi e-money

Published
2020-12-01
How to Cite
Daliyah, R. (2020). ANALISIS PERILAKU KONSUMSI PENGGUNA APLIKASI E-MONEY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 946-952. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p946-952
Section
Article
Abstract Views: 712
PDF Downloads: 1052