ANALISIS PERILAKU KONSUMSI PENGGUNA APLIKASI E-MONEY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumsi pengguna aplikasi e-money pada kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana mahasiswa aktif jurusan pendidikan ekonomi Universitas Negeri Surabaya menjadi informan pada penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan yaitu menggunakan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Analisis data menggunakan reduksi data, tabulasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan setelah melakukan penelitian, bahwa gaya hidup setiap mahasiswa dalam berkonsumsi berbeda-beda dan perilaku konsumtif yang mendominasi perilaku konsumsi dalam menggunakan aplikasi e-money. Gaya hidup para mahasiswa dalam berkonsumsi menggunakan aplikasi e-money sebagai alat transaksi yaitu mahasiswa mempunyai perilaku yang konsumtif sebanyak 81,8%, perilaku rasional sebanyak 77,3%, perilaku hedonis sebanyak 72,3%, dan perilaku irasional sebanyak 59,1%. Perilaku konsumtif, membeli produk jika promo, mengikuti tren, mengikuti teman. Perilaku rasional, memperhatian pembelian sesuai dengan kebutuhan. Perilaku hedonis, membeli produk bermerk. Perilaku irasional, membeli jika belum membutuhkan barang tersebut dan hanya berdasarkan keinginannya.
Kata Kunci : perilaku konsumsi, gaya hidup, aplikasi e-money
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1052