PENGARUH BRAND AMBASSADOR IKATAN CINTA TERHADAP KECERDASAN SPASIAL DALAM MEMBUAT KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE OLEH REMAJA DI JAWA TIMUR

  • Inggrit Aulia Wati Hasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Arrum Wizarotul Maliyah Universitas Negeri Surabaya
  • Naufal Alif Kusuma Wardhana Universitas Negeri Surabaya
  • Adrian Maulana Dahlan Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Yuli Rakhmawati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Brand Ambassador; Credibility; Psychological factors; Purchase Decision; Shopee.

Abstract

This study aims to determine the effect of the brand ambassador of the Ikatan Cinta Association in East Java on the Shopee marketplace with spatial intelligence variables in purchasing decisions, psychological factors, and Ikatan Cinta player interactions. Sampling in this study used a sampling method using google form. The number of samples used using the Kerlinger and Lee approach as many as 30 respondents. Data analysis used multiple linear analysis with SPSS version 20. The results of this study indicate that the brand ambassador of the Ikatan Cinta consisting of spatial intelligence variables in making purchasing decisions, psychological factors, and regression of  Ikatan Cinta, has a negative effect on purchasing decisions in the Shopee marketplace.

References

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand ambassador dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. iqtishadEQUITY. 2(2): 113-126.

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). In Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 83-88).

Ningrum, N.S. (2016). Pengaruh Brand ambassador terhadap Minat Beli Konsumen MD Clinic By Lazeta. Jurnal Bisnis dan Iptek. 9(2): 141-152.

Putra, M.I., Suharyono, Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Brand ambassador terhadap Brand Image serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis. 12(1).

Putri, G.H., Patria, B. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology. 4(1): 33-41.

Samosir, L.S., Putri, Y.R., Nurfebiaraning, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand ambassador Dewi Sandra terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah di Kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi. 15(2).

Saputro, A. (2018). Pengaruh Digital Marketing dan Brand ambassador dalam Membentuk Brand Identity sebagai Variabel Intervensi terhadap Purchase Intention Pada Produk Markobar. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2).

Sriyanto, A., Kuncoro, A.W. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, dan Testimoni terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari – April 2018). Jurnal Ekonomika dan Manajemen. 8(1): 21-34.

Sumara, D., Humaedi, S., Santoso, M.B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM. 4(2): 129-389.

Wulandari C, Siburian PS, Asnawati A. Pengaruh Brand ambassador terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo F3 di Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM). 2019 Feb 5;3(4).

Wulandari, T.A., Insan, M.I., Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Potongan Harga terhadap Pembelian Impulsif Produk Skincare. Jurnal Ilmu Manajemen. 9(3).
Published
2023-04-30
How to Cite
Hasanah, I., Maliyah, A., Wardhana, N., Dahlan, A., & Rakhmawati, D. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR IKATAN CINTA TERHADAP KECERDASAN SPASIAL DALAM MEMBUAT KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE OLEH REMAJA DI JAWA TIMUR. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 29-35. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1.p29-35
Section
Article
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 90