PENGARUH GAYA HIDUP, KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER MASYARAKAT KOTA SURABAYA
Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui variabel gaya hidup, kepercayaan, dan kemudahan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian menggunakan Shopee Paylater masyarakat kota Surabaya dan juga ingin mengetahui variabel gaya hidup, kepercayaan, dan kemudahan berpengaruh secara simultan atau berpengaruh secara bersama terhadap keputusan pembelian menggunakan Shopee Paylater masyarakat kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan seluruh pengguna Shopee Paylater di kota Surabaya dengan menggunakan metode teknik pengambilan sampel “non-probability sampling” dengan menggunakan rumus Lemeshow penentuan sampel dalam penelitian ini sebesar 96 masyarakat kota Surabaya. Analisis yang digunakan, analisis regresi linier berganda. Perhitungan regresi linier berganda pada penelitian ini menggunakan program SPSS 25,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan gaya hidup, kepercayaan, dan kemudahan mempunyai pengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian menggunakan Shopee Paylater.
Keywords: Gaya Hidup; Kemudahan; Kepercayaan; Keputusan Pembelian, Shopee Paylater
Referensi
Agrippina, T. R., & Suratnoaji, C. (2023). Pengaruh Brand Personality Shopee Terhadap Minat Menggunakan Fitur Shopee Pay Later Pada Generasi Milenial Surabaya. 3(1), 174–183. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.3001
Akhmad Dardiri SST, M. ., Marfuah Apriyani, S. S., & Warisna Endah Fitrianti, S. S. (2021). Produk Domestik Burto. https://www.bps.go.id/subject/169/produk-domestik-bruto--pengeluaran-.html#subjekViewTab1
Bank Indonesia. (2020). Pengertian Fintech. Bi.Go.Id.
Bukunesia. (2023). Pengertian Influencer Menurut Para Ahli. Bukunesia.Id/Pengertian-Influencer.
Commerce Finance. (2023). Layanan Shopee Paylater. Commerce-Finance.Com.
DailySocial. (2021). Riset Pengguna E-Commerce Paylater. Dailysocial.Id.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (BP Universitas Diponogoro (ed.)). BP Universitas Diponogoro.
Graha, P. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E-Marketplace Shopee. SisInfo–Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 1(1).
Hartono, & Redjeki, S. (2007). Hukum Ekonomi Indonesia (Bayumedia (ed.)). Bayumedia.
Hoswer, D. W., & I. Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (A. Offset (ed.)). Andi Offset.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jilid 1 (P. Indeks (ed.); 12th ed.). PT. Indeks.
Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016a). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. PT. Indeks.
Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016b). Marketing Management. Pearson.
Kurniasari, I., & Fisabilillah, L. W. P. (2021). Fenomena Perilaku Berbelanja Menggunakan Spaylater Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Ilmu Ekonomi. Independent : Journal Of Economics, 1(3), 207–218.
Mandey, S. L. (2009). Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Jakarta, 6 NO 1.
Mayer, R. E. (2009). MULTIMEDIA LEARNING: PRINSIP-PRINSIP DAN APLIKASI (Pustaka belajar (ed.)). Pustaka Belajar.
Mowen, J. C., & I. Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 1 (Erlangga (ed.)). Erlangga.
Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar (R. Karya (ed.)). Rosda karya.
Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Dan Komunikasi (P. B. P. (Persero) (ed.)). PT Balai Pustaka (Persero).
Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Latar Belakang OJK. Https://Www.Ojk.Go.Id/Id/FAQ.Aspx.
Petcharat, T., & Leelasantitham, A. (2021). A retentive consumer behavior assessment model of the online purchase decision-making process. Heliyon, 7(10), e08169. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08169
Putri, F. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee PayLater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p818-828
Putri, N. M. E., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Self Control dan Financial Attitude terhadap Financial Management Behavior (Studi Pengguna Shopee Paylater di Kota Surabaya). Jeam, 21(1), 60–74.
Rahmani, S., Mukhsin, M., & Fakhrudin, M. (2023). PENGARUH RELIGIOSITAS, PRINSIP KONSUMSI, DAN GAYA HIDUP ISLAMI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. 6, 32–43.
Rossa, A., & Ashfath, F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan terhadap Impulse Buying Pengguna SPaylater (Shopee Paylater) di Jadetabek. Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen …, 1–15. http://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/view/5518
Sanoesi, R. N. W. O., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA).
Schiffman, L. L., & Kanuk, L. (2010). Consumer Behavior. Prentice Hall.
Setiadi, N. J. (2003). PERILAKU KONSUMEN (Satucahayapro (ed.); Revisi). KENCANA.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Alfabet (ed.)). Alfabet.
Wahyuningsuara, C. D. T., Rokhmawati, R. I., & ... (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Pengguna Dalam Transaksi Online Pada Shopee. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2607–2614.
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12–26. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5101
Waroka, Silvy, & Fadila, Arif. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 619–624
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 853