PENGARUH GAYA HIDUP, KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER MASYARAKAT KOTA SURABAYA

  • Valdi Ramadhan Jaya Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Gaya Hidup; Kemudahan; Kepercayaan; Keputusan Pembelian, Shopee Paylater

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui variabel gaya hidup, kepercayaan, dan kemudahan berpengaruh secara parsial  terhadap  keputusan pembelian menggunakan Shopee Paylater masyarakat kota Surabaya dan juga ingin mengetahui variabel gaya hidup, kepercayaan, dan kemudahan berpengaruh secara simultan atau berpengaruh secara bersama terhadap keputusan pembelian menggunakan Shopee Paylater masyarakat kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan seluruh pengguna Shopee Paylater di kota Surabaya dengan menggunakan metode teknik pengambilan sampel “non-probability sampling” dengan menggunakan rumus Lemeshow penentuan sampel  dalam penelitian ini sebesar 96 masyarakat kota Surabaya. Analisis  yang digunakan, analisis regresi linier berganda. Perhitungan regresi linier berganda pada penelitian ini menggunakan program SPSS 25,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan gaya hidup, kepercayaan, dan kemudahan mempunyai pengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian menggunakan Shopee Paylater.

Keywords: Gaya Hidup; Kemudahan; Kepercayaan; Keputusan Pembelian, Shopee Paylater

Referensi

Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran (K. P. Utama (ed.); 1st ed.). PT RajaGrafindo Persada, Depok.

Agrippina, T. R., & Suratnoaji, C. (2023). Pengaruh Brand Personality Shopee Terhadap Minat Menggunakan Fitur Shopee Pay Later Pada Generasi Milenial Surabaya. 3(1), 174–183. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.3001

Akhmad Dardiri SST, M. ., Marfuah Apriyani, S. S., & Warisna Endah Fitrianti, S. S. (2021). Produk Domestik Burto. https://www.bps.go.id/subject/169/produk-domestik-bruto--pengeluaran-.html#subjekViewTab1

Bank Indonesia. (2020). Pengertian Fintech. Bi.Go.Id.

Bukunesia. (2023). Pengertian Influencer Menurut Para Ahli. Bukunesia.Id/Pengertian-Influencer.

Commerce Finance. (2023). Layanan Shopee Paylater. Commerce-Finance.Com.

DailySocial. (2021). Riset Pengguna E-Commerce Paylater. Dailysocial.Id.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (BP Universitas Diponogoro (ed.)). BP Universitas Diponogoro.

Graha, P. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan E-Marketplace Shopee. SisInfo–Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 1(1).

Hartono, & Redjeki, S. (2007). Hukum Ekonomi Indonesia (Bayumedia (ed.)). Bayumedia.

Hoswer, D. W., & I. Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (A. Offset (ed.)). Andi Offset.

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jilid 1 (P. Indeks (ed.); 12th ed.). PT. Indeks.

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016a). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. PT. Indeks.

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016b). Marketing Management. Pearson.

Kurniasari, I., & Fisabilillah, L. W. P. (2021). Fenomena Perilaku Berbelanja Menggunakan Spaylater Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Ilmu Ekonomi. Independent : Journal Of Economics, 1(3), 207–218.

Mandey, S. L. (2009). Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Jakarta, 6 NO 1.

Mayer, R. E. (2009). MULTIMEDIA LEARNING: PRINSIP-PRINSIP DAN APLIKASI (Pustaka belajar (ed.)). Pustaka Belajar.

Mowen, J. C., & I. Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 1 (Erlangga (ed.)). Erlangga.

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar (R. Karya (ed.)). Rosda karya.

Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Dan Komunikasi (P. B. P. (Persero) (ed.)). PT Balai Pustaka (Persero).

Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Latar Belakang OJK. Https://Www.Ojk.Go.Id/Id/FAQ.Aspx.
Petcharat, T., & Leelasantitham, A. (2021). A retentive consumer behavior assessment model of the online purchase decision-making process. Heliyon, 7(10), e08169. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08169

Putri, F. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee PayLater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p818-828

Putri, N. M. E., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Self Control dan Financial Attitude terhadap Financial Management Behavior (Studi Pengguna Shopee Paylater di Kota Surabaya). Jeam, 21(1), 60–74.

Rahmani, S., Mukhsin, M., & Fakhrudin, M. (2023). PENGARUH RELIGIOSITAS, PRINSIP KONSUMSI, DAN GAYA HIDUP ISLAMI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. 6, 32–43.

Rossa, A., & Ashfath, F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan terhadap Impulse Buying Pengguna SPaylater (Shopee Paylater) di Jadetabek. Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen …, 1–15. http://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/view/5518

Sanoesi, R. N. W. O., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA).

Schiffman, L. L., & Kanuk, L. (2010). Consumer Behavior. Prentice Hall.

Setiadi, N. J. (2003). PERILAKU KONSUMEN (Satucahayapro (ed.); Revisi). KENCANA.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Alfabet (ed.)). Alfabet.

Wahyuningsuara, C. D. T., Rokhmawati, R. I., & ... (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Pengguna Dalam Transaksi Online Pada Shopee. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2607–2614.

Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12–26. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5101

Waroka, Silvy, & Fadila, Arif. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 619–624
Diterbitkan
2023-08-31
Bagian
Article
Abstract Views: 739
PDF Downloads: 853