PENGARUH DUKUNGAN UNIVERSITAS TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bermaksud untuk menemukan pengaruh dukungan universitas terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya angkatan 2019-2021 yang telah merasakan dukungan kurikuler dan kokurikuler kewirausahaan oleh universitas yang kemudian diambil sampel sebanyak 102 mahasiswa menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online berupa google form, Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) yang diolah dengan Smartpls 3.2.9. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dukungan universitas terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya.
Referensi
Badan Pusat Statistik. (2021). Februari 2021: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurut Tingkat Pendidikann. Diambil dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/31/bps-sarjana-yang-menganggur-hampir-1-juta-orang-pada-februari-2021
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry dan research design, choosing among five approaches – Third Edition. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.
Davey, T., Hannon, P., dan Penaluna, A. (2016). Entrepreneurship education and the role of universities in entrepreneurship : Introduction to the special issue. Industry and Higher Education, 30(3), 171
Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 61–70. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1666
GPM FEB UNESA. (2021). Rencana Strategis FEB 2020-2024 UNESA. Gpm.Feb.Unesa.Ac.Id. https://gpm.feb.unesa.ac.id/page/rencana-strategis
Hair, Joseph F., Hult, J., G. T. M., Ringle, C. M., dan Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM)
Hien, D. T. T., dan Cho, S. E. (2018). Relationship Between Entrepreneurship Education And Innovative Start-Up Intentions Among University Students. International Journal Of Entrepreneurship, 22(3), 1–1.
Kemdikbud. (2021). Panduan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2021. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Panduan-PKMI-2021-Final070221.pdf
Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 2017. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676
Kraaijenbrink, J., Bos, G., & Groen, A. (2010). What do students think of the entrepreneurial support given by their universities? International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 9(1), 110-125. https://doi.org/10.1504/IJESB.2010.029512
Lee, S. M., Lee, H., dan Kim, H. W. (2019). Effects of university support on students’ entrepreneurial intentions and activities. Sustainability, 11(7), 2056. https://doi.org/10.3390/su11072056
Liñán, F., dan Chen, Y. (2009). Development and cross-cultural application of a specific instrumen to measure entrepreneurial intentions. Entrepreneurship theory and practice, 33(3), 593-617. DOI: 10.1111/j.1540-6520.2009.00318.x
Setiawan, Y. (2021). Pengaruh Dukungan Universitas dan Keterampilan Kepemimpinan Terhadap Minat berwirausaha Berwirausaha. 12(2), 79–90. DOI: 10.17509/jimb.v12i2.37096
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, RdanD. Bandung : IKAPI
Sukmaningrum, S., dan Rahardjo, M. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi niat berwirausaha mahasiswa menggunakan theory of planned behavior. Diponegoro Journal Of Management, 6(3), 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/dj om/article/view/17463
Supeni, R. E., dan Efendi, M. (2017). Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kabupaten Jember. In Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis (pp. 449–463). DOI:10.33394/j-ps.v9i1.3981
Susilawaty, E. A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Journal of Business Administration (JBA), 2(1), 1–15. DOI:10.31963/jba.v2i1.3432
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 70