PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CUSTOMER REVIEW DAN LAYANAN CSH ON DELIVERY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI APLIKASI SOCIAL COMMERCE.

  • Wilda Thoma Sihaloho Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Brand Ambassador, Customer Review, Layanan Cash on Delivery, Keputusan Pembelian, Aplikasi Social Commerce

Abstrak

Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengatahui pengaruh Brand ambassador (X1), customer review (X2) dan layanan cash on delivery (X3) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di aplikasi social commerce. jenis penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif. Dengan populasi yang digunakan merupakan konsumen aplikasi social commerce yang sudah pernah melakukan pembelian produk fashion dengan jumlah 136 sampel yang digunakan. Pengambilan sampel dicari menggunakan rumuh lemeshow karena populasi merupakan populasi infinite yang mana tidak tidak diketahuinya jumlah populasi yang pasti.dan menggunakan metode purposive sampling. Untuk Teknik pengumpulan datanya penelti menggunakan kuisioner dengan penyebaran melalui googleforms dan untuk melakukan pengolahan data menggunakan Teknik analisis data PLS (Partial Least Square) dengan metode SEM analisis menggunakan SmartPLS 3 dengan pengujian yaitu (1) model pengukuran/ outer model, (2) model structural / inner model dan (3) uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data maka didapat (1) Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai original sampel X1 terhadap Y 0.278, nilai t-statistik 2.367 dan p value 0.018 dan t-statistik > dari 1,96 dan p-value < dari 0.05 serta memiliki hubungan (+) karena original sampel mendekati +1. Sehingga Brand Ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi social commerce. (2) Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai original sampel X2 terhadap Y 0.737, nilai t-statistik 7.576, dan p-value 0.000 dan t-statistik > dari 1,96, dan p-value < dari 0.005 serta memiliki hubungan (+) karena original sampel mendekati +1 sehingga customer review memiliki pengaruh positif dan terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi social commerce. (3) Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai original sampel X3 terhadap Y sebesar -0.188, nilai t-statistik 1.906, dan p-value 0.057 dan t-statistik > dari 1,96, dan p-value < dari 0.005 serta memiliki hubungan (-) karena original sampel mendekati -1 sehingga layanan cash on delivery tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi social commerce.

 

Referensi

Zhou, L., Zhang, P., & Zimmermann, H. D. (2013). Social commerce research: An Data Indonesia (2023). Diakses pada 23 maret 2023 dari https://dataindonesia.id/

We are social (2023). diakses pada 23 maret 2023 dari https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Royan, Frans M. (2004). “Marketing Selebrities”. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Halaweh. (2018). Cash on Delivery ( COD ) as an Alternative Payment Method for Ecommerce Transactions : Analysis and Implications:. Sociotechnology and Knowledge Development. Vol: 10(4).

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kotler,Philip. (2005). Manajemen pemasaran jilid 2. Jakarta:prenhallino

Kotler Phillip,Kevin Lane Keller, (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Edisi 13, Erlangga Jakarta.

Tangkary, S., Hartono, H., Amelia, R., & Ahmad, D. (2018). Keamanan Siber Untuk EComerce. Jakarta: KOMINFO
CnbcIndonesia.com (2023). Diakses pada 20 Mei 2023 dari
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230124105923-39-407744/social-commerce-kian-populer-gimana-nasib-e-commerce-2023

R.Yogie Prawira, Slamet Mulyana, Teddy Kurnia Wirakusumah”Hubungan karakteristik Brand ambassador Honda Spacy helm-in dengan tahapan Keputusan Pembelian Konsumen (Vol.1,No.1 2012)

Kotler, Phlip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2014). Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane, Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke-12. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang.

Panji, U.W., Mudiantono. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Kartu Perdana Xl Axiata Di Semarang. Diponegoro Journal Of Management Volume 6, Nomor 2, Tahun 2017, Halaman 1-11 ISSN (Online): 2337-3792.

Shinta Pamudyaning Rizki. (2016). Analisis pengaruh Brand ambassador, Kualitas Produk, Harga dan Daya Tarik Iklan terhadap Citra Merek serta dampaknya terhadap keputusan Pembelian pada Ganier Face Care di kota Semarang. Jurnal Manajeme Bisnis, Volume 4 Nomor 10
Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Article
Abstract Views: 196
PDF Downloads: 155