PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CUSTOMER REVIEW DAN LAYANAN CSH ON DELIVERY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI APLIKASI SOCIAL COMMERCE.

Penulis

  • Wilda Thoma Sihaloho Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p334-342

Kata Kunci:

Brand Ambassador, Customer Review, Layanan Cash on Delivery, Keputusan Pembelian, Aplikasi Social Commerce

Abstrak

Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengatahui pengaruh Brand ambassador (X1), customer review (X2) dan layanan cash on delivery (X3) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di aplikasi social commerce. jenis penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif. Dengan populasi yang digunakan merupakan konsumen aplikasi social commerce yang sudah pernah melakukan pembelian produk fashion dengan jumlah 136 sampel yang digunakan. Pengambilan sampel dicari menggunakan rumuh lemeshow karena populasi merupakan populasi infinite yang mana tidak tidak diketahuinya jumlah populasi yang pasti.dan menggunakan metode purposive sampling. Untuk Teknik pengumpulan datanya penelti menggunakan kuisioner dengan penyebaran melalui googleforms dan untuk melakukan pengolahan data menggunakan Teknik analisis data PLS (Partial Least Square) dengan metode SEM analisis menggunakan SmartPLS 3 dengan pengujian yaitu (1) model pengukuran/ outer model, (2) model structural / inner model dan (3) uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data maka didapat (1) Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai original sampel X1 terhadap Y 0.278, nilai t-statistik 2.367 dan p value 0.018 dan t-statistik > dari 1,96 dan p-value < dari 0.05 serta memiliki hubungan (+) karena original sampel mendekati +1. Sehingga Brand Ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi social commerce. (2) Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai original sampel X2 terhadap Y 0.737, nilai t-statistik 7.576, dan p-value 0.000 dan t-statistik > dari 1,96, dan p-value < dari 0.005 serta memiliki hubungan (+) karena original sampel mendekati +1 sehingga customer review memiliki pengaruh positif dan terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi social commerce. (3) Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai original sampel X3 terhadap Y sebesar -0.188, nilai t-statistik 1.906, dan p-value 0.057 dan t-statistik > dari 1,96, dan p-value < dari 0.005 serta memiliki hubungan (-) karena original sampel mendekati -1 sehingga layanan cash on delivery tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi social commerce.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Sihaloho, W. T., & Patrikha, F. D. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CUSTOMER REVIEW DAN LAYANAN CSH ON DELIVERY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI APLIKASI SOCIAL COMMERCE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3), 334–342. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p334-342

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 378 , PDF Downloads: 317