PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CUSTOMER REVIEW DAN LAYANAN CSH ON DELIVERY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI APLIKASI SOCIAL COMMERCE.
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p334-342Kata Kunci:
Brand Ambassador, Customer Review, Layanan Cash on Delivery, Keputusan Pembelian, Aplikasi Social CommerceAbstrak
Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengatahui pengaruh Brand ambassador (X1), customer review (X2) dan layanan cash on delivery (X3) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di aplikasi social commerce. jenis penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif. Dengan populasi yang digunakan merupakan konsumen aplikasi social commerce yang sudah pernah melakukan pembelian produk fashion dengan jumlah 136 sampel yang digunakan. Pengambilan sampel dicari menggunakan rumuh lemeshow karena populasi merupakan populasi infinite yang mana tidak tidak diketahuinya jumlah populasi yang pasti.dan menggunakan metode purposive sampling. Untuk Teknik pengumpulan datanya penelti menggunakan kuisioner dengan penyebaran melalui googleforms dan untuk melakukan pengolahan data menggunakan Teknik analisis data PLS (Partial Least Square) dengan metode SEM analisis menggunakan SmartPLS 3 dengan pengujian yaitu (1) model pengukuran/ outer model, (2) model structural / inner model dan (3) uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data maka didapat (1) Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai original sampel X1 terhadap Y 0.278, nilai t-statistik 2.367 dan p value 0.018 dan t-statistik > dari 1,96 dan p-value < dari 0.05 serta memiliki hubungan (+) karena original sampel mendekati +1. Sehingga Brand Ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi social commerce. (2) Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai original sampel X2 terhadap Y 0.737, nilai t-statistik 7.576, dan p-value 0.000 dan t-statistik > dari 1,96, dan p-value < dari 0.005 serta memiliki hubungan (+) karena original sampel mendekati +1 sehingga customer review memiliki pengaruh positif dan terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi social commerce. (3) Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai original sampel X3 terhadap Y sebesar -0.188, nilai t-statistik 1.906, dan p-value 0.057 dan t-statistik > dari 1,96, dan p-value < dari 0.005 serta memiliki hubungan (-) karena original sampel mendekati -1 sehingga layanan cash on delivery tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi social commerce.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 378
,
PDF Downloads: 317
