PENGARUH VIRAL MARKETING, ONLINE CONSUMER RIVIEWS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEE DI SURABAYA

Penulis

  • NUR LAILI HIDAYATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%25p

Abstrak

Perkembangan teknologi telah membuat pergeseran perilaku berbelanja pelanggan dari toko offline berpindah ke penjualan online di Indonesia, salah satunya ditandai dengan pertumbuhan penjualan online yang sedang mengalami peningkatan secara signifikan. Banyak faktor yang membuat konsumen berpindah dari belanja offline ke online salah satunya adalah Viral marketing, online consumer reviews dan harga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Viral marketing, online consumer reviews dan harga terhadap keputusan pembelian Shopee di Surabaya. Sampel penelitian ini sejumlah 104 responden. Variabel bebas terdiri dari variabel Viral marketing, online consumer reviews dan harga, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian yang diukur menggunakan analisis regegresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Viral marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa online consumer reviews berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan harga berpengaruh signifikan terhadap keptusan pembelian. Secara simultan viral maketing, online consumer reviews dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Shopee di Surabaya.

Kata Kunci: Viral marketing, online consumer reviews, harga, keputusan pembelian






Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-07-26

Cara Mengutip

LAILI HIDAYATI, N. (2018). PENGARUH VIRAL MARKETING, ONLINE CONSUMER RIVIEWS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEE DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 9065 , PDF Downloads: 9212