PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n1.p86-93Kata Kunci:
Lingkungan Keluarga; Minat Berwirausaha; Pembelajaran KewirausahaanAbstrak
Pembelajaran kewirausahaan ialah senjata untuk menghilangkan kemiskinan serta pengangguran, serta menjadi
tangga menuju impian tiap-tiap masyarakat supaya mandiri dalam tataran finansial, mampu menciptakan
kesejahteraan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan tumbuhnya minat siswa guna melakukan wirausaha
dan sesudah lulus bisa membuka usaha sendiri dan meningkatkan lapangan kerja. Penelitian ini dilakukan guna
mendapatkan informasi determinansi pembelajaran lingkungan keluarga serta kewirausahaan atas minat
berwirausaha dari siswa SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif kausal memakai
pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini ialah siswa kelas XII SMK Negeri 4 Surabaya, dengan metode
pengambilan sampelnya memakai proportionate Stratified Random Sampling sejumlah 194 responden. Teknik
dalam mengolah data memakai program SPSS versi IMB 24. Resultan penelitian ini memperlihatkan bahwasanya
pada tataran parsial Pembelajaran Kewirausahaan (X1) memiliki determinansi atas minat berwirausaha dari siswa
SMK Negeri 4 Surabaya dan variable Lingkungan Keluarga (X2) berpengaruh atas minat dalam berwirausaha
siswa SMK Negeri 4 Surabaya. Serta secara signifikan Pembelajaran Kewirausahaan (X1) dan Lingkungan
Keluarga (X2) dalam tataran bersama-sama berpengaruh atas minat dalam berwirausaha siswa SMK Negeri 4
Surabaya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

