PENGARUH AMBIGUITAS PERAN TERHADAP KINERJA INDIVIDU: STRES KERJA SEBAGAI MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n1.p94-105Kata Kunci:
Individual Performance, Job Stress, Role AmbiguityAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ambiguitas peran terhadap kinerja individu, menganalisis ambiguitas peran terhadap stress kerja, menganalisis pengaruh stress kerja terhadap kinerja individu, menganalisis pengaruh ambiguitas peran terhadap kinerja individu di mediasi stress kerja. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan populasi karyawan Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia Sidoarjo. Sampel yang digunakan adalah seluruh karyawan yang berjumlah 47 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online dengan Google Form selama kurang lebih satu bulan. Analisis penelitian ini menggunakan Aplikasi Partial Least Square (PLS) SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Ambiguitas peran mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja individu (2) Ambiguitas peran mempunyai pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap stres kerja (3) Stres kerja mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja individu. (4) ambiguitas peran tidak berpengaruh terhadap kinerja individu melalui stres kerja.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 238
,
PDF Downloads: 289
