Penerapan PENERAPAN ALUR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p337-348Kata Kunci:
alur merdeka, hasil belajar, kemampuan kolaboratifAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan alur merdeka terhadap kemampuan kolaboratif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Bisnis Digital 3 SMKN 4 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 32 anak. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan kolaboratif siswa, dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data seperti perangkat pembelajaran, nama siswa, dokumentasi pembelajaran dan hasil observasi; dan tes dilakukan untuk mengetahu perkembangan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk kemampuan kolaboratif siswa dan kuantitatif untuk hasil belajar siswa. Analisis kualitatif dilakukan dengan mengamati indikator kemampuan kolaboratif, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan menghitung persentase ketercapaian dan mengkategorikannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan katerori Baik. Sedangkan dari hasil tes diketahui hasil belajar siswa pada siklus I, terjadi peningkatan nilai dari pre-test (63,59) menjadi post-test (82,03), sedangkan pada siklus II, nilai pre-test meningkat dari (69,69) menjadi post-test (86,56), sehingga disimpulkan bahwa penerapan alur merdeka dapat meningkatkan kemampuan kolaboratif dan hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Afelia, Yolanda .D., Utomo, A.P., & Sulistyaningsih, H. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA. Jurnal Biologi, 1(2), 1-11. https://journal.pubmedia.id/index.php/biology
Ahiri, F. (2017). Konsep Hasil Belajar dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam Kendari, 2(2), 117-132.
Bruner, J. S. (1960). The Process of Education. Harvard University Press.
Dhitasarifa, Irma., A. D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Ekologi Di Smp Negeri 8 Semarang. PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang. Retrieved Maret 2024
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1989). Cooperation and Competition: Theory and Research. Interaction Book Company.
Ihsan, Mauli Al. (2024). Pengaruh Penerapan Alur Merdeka Terhadap Kemampuan Literasi Finansial Siswa di Kelas V. Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi. 463-472
Kemendikbud. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka: Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khanifah, L. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 900-908.
Maria Ulfa Lubis, F. A. (2023, Juni 12). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. Education and Learning Journal, 691-695. Retrieved Maret 2024
Piaget, J. (1950). The Psychology of Intelligence. Routledge.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 238.
Wulandari, Aisyah S., R. A. (2023). Penerapan Alur Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Yolanda, Y. (2023, Juni 1). Implementation Of 'Alur Merdeka'-Based Lesson Study In 'Physical Textbook Curriculum Review' Course To Improve Student Collaboration Skills. Journal of Physics and Science Learning. Retrieved Maret 2024
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Enis Dyah Fatkhur Rahmah, Novi Marlena, Nasriatun Khasanah, Suprapti, Elisa Ariyanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

