PENGARUH ULASAN INFLUENCER DAN DISKON DI TIKTOK DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI TIKTOK SHOP

Penulis

  • Aurora Shakila Ananda Syah Universitas Airlangga

Kata Kunci:

diskon, keputusan pembelian, tiktok, tiktok shop, ulasan influencer, ulasan, influencer

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa signifikan peran ulasan influencer serta penawaran diskon dalam mempengaruhi preferensi konsumen dan keputusan mereka dalam melakukan pembelian produk. Terdapat 94 responden untuk penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan Google Form sebagai instrumen. Responden didapat menggunakan teknik simple random sampling. Data yang didapat dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan influencer dan diskon secara simultan dan parsial mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen pada aplikasi TikTok. Melalui uji T (parsial) variabel ulasan influencer (X1) dan diskon (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian konsumen di aplikasi TikTok. Maka seluruh hipotesis, H1, H2, dan H3 dapat diterima. Studi ini berkontribusi pada literatur pemasaran digital dengan menjelaskan perilaku konsumen di era media sosial, menekankan pentingnya memanfaatkan platform seperti TikTok untuk strategi pemasaran yang efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Algharabat, R., Rana, N. P., Alalwan, A. A., Baabdullah, A., & Gupta, A. (2020). Investigating the antecedents of customer brand engagement and consumer-based brand equity in social media. Journal of Retailing and Consumer Services, 53. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.01.016

Amalia Putri Sangadji, F., Cahya Syah Fitri, A., Anzelia Sitanggang, D., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Peran Media Sosial Tiktok sebagai Platform untuk Pengembangan Bisnis di Era Digital. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, Issue 1). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Annur, C. M. (2023). Indonesia Punya Pengguna TikTok Terbanyak ke-2 di Dunia. Databoks.Id.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek.

Darke, P. R., & Dahl, D. W. (2003). Fairness and Discounts: The Subjective Value of a Bargain. Journal of Consumer Psychology, 13(3), 328–338.

Djawa, S. K., & Rahman Wahyudin. (2023). Strategi Tiktok Marketing untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan.

Goodman, M. B., Booth, N., & Matic, J. A. (2011). Mapping and leveraging influencers in social media to shape corporate brand perceptions. Corporate Communications: An International Journal, 16(3), 184–191. https://doi.org/10.1108/13563281111156853

Hariyanti, N. T. (2018). Pengaruh Influencer Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebuah Studi Literatur). https://www.researchgate.net/publication/339787291

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Pearson Education.

Machali, I. (2015). Statistik itu Mudah: Menggunakan SPSS sebagai Alat Bantu Statistik (1st ed., Vol. 1).

Malhotra, N. (1993). “Riset Pemasaran” Manajemen Pemasaran Riset. Erlangga.

Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2012). Pendekatan Penelitian Kuantitatif.

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi dengan Memanfaatkan Media Sosial Tiktok dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483

Oktavia Nurul Kumala, F., & Fageh, A. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. 6(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica

Pertiwi, K. W., & Nitanto, R. K. (2020). Penetrasi Internet di Indonesia Capai 64 Persen Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Penetrasi Internet di Indonesia Capai 64 Persen”, Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2020/02/20/14090017/penetrasi-internet-di-indonesia-capai-64-persen. Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6. Kompas.Com.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2014). Consumer Behavior.

Sri, C., Ratih, H. , & Sudradjat, H. (2022). SEIKO : Journal of Management & Business Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 415–426. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2785

Sugandi, D., Effendi, M., I., Istanto, Y., Arundati, R., & Rahmawati, E. , D. (2019). Pemasaran Digital: Adopsi Media Sosial pada UMKM. https://www.researchgate.net/publication/336990198

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (6th ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

The State of Influencer Marketing 2018. (2018). Linqia.

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Syah, A. S. A. (2025). PENGARUH ULASAN INFLUENCER DAN DISKON DI TIKTOK DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI TIKTOK SHOP . Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(2), 88–96. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/62576

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 44 , PDF Downloads: 48