PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP GREEN BEHAVIOUR PADA PENGGUNA FITUR POHON KOLEKTIF GOGREENER GOJEK DENGAN MINAT KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Penulis

  • Ika Novitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p1-9

Kata Kunci:

Green Marketing; Green Behaviour; Minat Konsumen

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh green marketing, green behaviour, dan minat konsumen pada pengguna Fitur Pohon Kolektif GoGreener Gojek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna yang pernah menggunakan Fitur Pohon Kolektif GoGreener Gojek. Sampel terdiri dari 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket online melalui google form. Analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) yang diolah dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa green marketing berpengaruh terhadap green behaviour, dan minat konsumen dapat memperkuat pengaruh green marketing terhadap green behaviour.

Kata kunci: Green Marketing; Green Behaviour; Minat Konsumen

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adialita. (2015). Green Consumers Behavior: Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 209. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.499

Akter. (2012). Green Marketing MIX Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Porduk Big Tree Farms di Lotus Food Services. 9(2), 1–23.

Ghozali. (2016). The Effect Of Green Marketing Concept On Consumer Intention To Buy Savana Project Product. Polonsky,2014, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.37479/jsm.v1i2.2499

Haryadi. (2009). Peran Green Marketing, Green Brand Image Terhadap Purchase Intention Dengan Green Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(1), 17–38. https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i1.5131

Hasan. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel& Apartment. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(2), 21–31.

Keller, K. &. (2012). Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Membeli Air Mineral Ades. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis, 2017, 348–352.

Kotler & Amastrong, 2016. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Harga dan Pemasaran Hijau terhadap Kepuasan Pelanggan Mobil Lcgc Toyota Agya. Jurnal Manajemen Bisnis, 21(3), 165–186.

Kusnandar. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management

Lenher, 20111. (2011). Pengaruh Green Marketing Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Terhadap Green Behaviour Masyarakat Kota Bogor (The Influence of Green Marketing Policy of Plastic Bags Levy against Green Behavior of the people in Bogor City). Lenher, 2(1), 81–94. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:7UA3nkxPHoQJ:https://media.neliti.com/media/publications/259326-pengaruh-green-marketing-kebijakan-kanto-cf7524cf.pdf+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-ab

Mercy, Y. &. (2011). Effect of Green Marketing Strategy on Customer Satisfaction in Jordan. Oman Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 5(9), 34–40. https://doi.org/10.12816/0027129

Ottman. (2006). Tinjauan Penerapan Konsep Green Marketing. Jurnal Pamator, 11(1), 10–18.

Pamungkas. (2015). Pengaruh 4P Green Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan Bloomka Skincare. Prosiding SENAPENMAS, 1311. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15204

Peattie. (1999). Pengaruh Strategi Green Marketing dan Pengetahuan Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada member Tupperware di Kota Rangkasbitung). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 33–50.

Professor, P. &. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Green Buying Behavior Pada Produk Innisfree Dengan Environmental Knowledge Dan Green Consumption Sebagai Variabel …. EProceedings …, 9(5), 2874–2882. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18386%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/18386/17991

Ronkainen, C. &. (1972). Management marketing. In Agrekon (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.1080/03031853.1972.9523871

Sugiyono. (2010). 33879-85-70248-1-10-20171128. 6(12), 6526–6560.

Sugiyono. (2018). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Amdk Ades (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan ADES di Indonesia). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 71–79. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1893

Sugiyono. (2019). Green Product : Pengaruh Pengetahuan Produk, Pengetahuan Pembelian dan Pengetahuan Pemakaian terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Intekna, 19(1), 1–68. https://editorial.femaledaily.com/blog/2019/07/22/4-alasan-produk-eco-friendly-lebih-mahal

Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sukmawati & Suyono. (2012). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion dengan Gaya Hidup Sebagai Variable Moderator (Survei Konsumen pada Jejaring Sosial). Jurnal Manajemen, 8(1), 20–41.

Sumarwan. (2012). Implikasi Green Brand Image, Green Satisfaction Dan Green Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen AMDK Galon Merk AQUA di Wilayah Serpong Utara). Jurnal Manajemen, 20(1), 19. https://doi.org/10.24912/jm.v20i1.63

Yazdanifard, A. &. (2014). Pengaruh Green Marketing Dalam Sosialisasi “Diet Kantong Plastik” Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Eco Bag (Tas …. Diponegoro Journal of …, 11, 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/36588%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/36588/28127

Diterbitkan

2025-07-25

Cara Mengutip

Novitasari, I., & Marlena, N. (2025). PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP GREEN BEHAVIOUR PADA PENGGUNA FITUR POHON KOLEKTIF GOGREENER GOJEK DENGAN MINAT KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(2), 1–9. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n2.p1-9

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 15