Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih Jasa Pendidikan di SD Labschool UNESA 1 Surabaya

Penulis

  • Lina Amalia Nur Fadhilah Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p379-390

Kata Kunci:

Kata Kunci : Brand image; Kualitas Layanan; Keputusan Orang Tua

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas layanan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah bagi anak-anak mereka. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 49 responden, yang merupakan wali murid kelas 1 SD Labschool UNESA 1 Surabaya, dengan metode total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dokumentasi, dan dokumen pendukung sekolah. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, serta uji F (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan orang tua, semakin menarik dan berkualitas brand image sekolah, semakin banyak orang tua yang memilih sekolah tersebut. Kualitas layanan juga berpengaruh positif dan signifikan, semakin baik layanan yang ditawarkan, semakin banyak orang tua yang memilih sekolah ini. Secara simultan, kedua variabel ini berdampak positif dan signifikan pada keputusan orang tua, saling mendukung dalam proses pengambilan keputusan. Kesimpulannya, peningkatan kualitas pada kedua aspek ini akan meningkatkan keyakinan dan keputusan orang tua untuk memilih SD Labschool UNESA 1 Surabaya sebagai institusi pendidikan yang tepat bagi anak-anak mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chandra, dkk. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, dan Consumer Loyalty : Tinjauan Teoritis. Malang: CV IRDH.

Fauzan,dkk. (2023). Pengaruh Media Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan memilih Sekolah Menengah Atas dengan Digital Marketing sebagai Variabel Intervening, 6-15.

Indriyani, dkk. 2023. Pengaruh Kompetensi Guru, Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Orang Tua Menyekolahkan Anak Pada SMAK Seminari Agats, Asmat, Papua Selatan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 80-87.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2024). Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses dari https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/3C1F99EB9907E0B15108.

Mufti. (2020). Ubah Paradigma agar Lebih Maju, Labschool Unesa Launching Nama dan Logo Baru. Surabaya : Berita Unesa. Diakses dari https://www.unesa.ac.id/ubah-paradigma-agar-lebih-maju-Labschool-unesa-launching-nama-dan-logo-baru.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sekretariat Negara.

Thoyyibah, dkk. (2022). Analisis Faktor Pertimbangan Orang Tua Dalam Memilihkan Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 702-725.

Tua, G. V. M., & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154.

Wahyoedi, dkk. 2021. The Effect of Service Quality, Learning Quality, and Promotion Strategy on Parents' Decisions in Choosing ABC Primary Schools. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 999-1005.

Wardhana, dkk. 2022. Brand Marketing : The Art Of Branding. Bandung : Media Sains Indonesia.

Zakri, Melvin. 2022. The Effect of Service Quality, Cost, and Promotion on Parents' Decisions in Choosing Schools (Case Study at SMK AL Amanah Tangsel in Information & Communication Technology Expertise). Budapest International Research and Critics Institute-Journal. Volume 4. Number 1. Page: 999-1005.

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Fadhilah, L. A. N., & Sudarwanto, T. (2024). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih Jasa Pendidikan di SD Labschool UNESA 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 379–390. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p379-390

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 149 , PDF Downloads: 126