Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih Jasa Pendidikan di SD Labschool UNESA 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p379-390Kata Kunci:
Kata Kunci : Brand image; Kualitas Layanan; Keputusan Orang TuaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas layanan terhadap keputusan orang tua dalam memilih sekolah bagi anak-anak mereka. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 49 responden, yang merupakan wali murid kelas 1 SD Labschool UNESA 1 Surabaya, dengan metode total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dokumentasi, dan dokumen pendukung sekolah. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, serta uji F (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan orang tua, semakin menarik dan berkualitas brand image sekolah, semakin banyak orang tua yang memilih sekolah tersebut. Kualitas layanan juga berpengaruh positif dan signifikan, semakin baik layanan yang ditawarkan, semakin banyak orang tua yang memilih sekolah ini. Secara simultan, kedua variabel ini berdampak positif dan signifikan pada keputusan orang tua, saling mendukung dalam proses pengambilan keputusan. Kesimpulannya, peningkatan kualitas pada kedua aspek ini akan meningkatkan keyakinan dan keputusan orang tua untuk memilih SD Labschool UNESA 1 Surabaya sebagai institusi pendidikan yang tepat bagi anak-anak mereka.
Unduhan
Referensi
Chandra, dkk. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, dan Consumer Loyalty : Tinjauan Teoritis. Malang: CV IRDH.
Fauzan,dkk. (2023). Pengaruh Media Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan memilih Sekolah Menengah Atas dengan Digital Marketing sebagai Variabel Intervening, 6-15.
Indriyani, dkk. 2023. Pengaruh Kompetensi Guru, Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Orang Tua Menyekolahkan Anak Pada SMAK Seminari Agats, Asmat, Papua Selatan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 80-87.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2024). Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses dari https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/3C1F99EB9907E0B15108.
Mufti. (2020). Ubah Paradigma agar Lebih Maju, Labschool Unesa Launching Nama dan Logo Baru. Surabaya : Berita Unesa. Diakses dari https://www.unesa.ac.id/ubah-paradigma-agar-lebih-maju-Labschool-unesa-launching-nama-dan-logo-baru.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sekretariat Negara.
Thoyyibah, dkk. (2022). Analisis Faktor Pertimbangan Orang Tua Dalam Memilihkan Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 702-725.
Tua, G. V. M., & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154.
Wahyoedi, dkk. 2021. The Effect of Service Quality, Learning Quality, and Promotion Strategy on Parents' Decisions in Choosing ABC Primary Schools. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 999-1005.
Wardhana, dkk. 2022. Brand Marketing : The Art Of Branding. Bandung : Media Sains Indonesia.
Zakri, Melvin. 2022. The Effect of Service Quality, Cost, and Promotion on Parents' Decisions in Choosing Schools (Case Study at SMK AL Amanah Tangsel in Information & Communication Technology Expertise). Budapest International Research and Critics Institute-Journal. Volume 4. Number 1. Page: 999-1005.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lina Amalia Nur Fadhilah, Tri Sudarwanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 149
,
PDF Downloads: 126
