PENGARUH VARIASI MENU, HARGA, DAN PROMOSI MELALUI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BOMBOLONI (Studi di Virous Bombolone & Donuts Sidoarjo)

Penulis

  • Jessica Elizabeth Firdaus Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p316-328

Kata Kunci:

Harga, Keputusan Pembelian, Promosi, Variasi Menu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variasi menu, harga, dan promosi melalui instagram terhadap keputusan pembelian konsumen bomboloni di Virous Bombolone & Donuts Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Jalan Pecantingan No. 70, Sekardangan, Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini yaitu konsumen yang pernah membeli bomboloni di Virous Bombolone & Donuts Sidoarjo dengan jumlah responden sebanyak 100 sampel. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu dengan kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang kemudian diuji menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, terdapat pengaruh signifikan variasi menu, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen bomboloni di Virous Bombolone & Donuts Sidoarjo. Namun secara parsial, tidak terdapat pengaruh signifikan variasi menu terhadap keputusan pembelian konsumen bomboloni di Virous Bombolone & Donuts Sidoarjo, sedangkan untuk variabel harga dan promosi masing-masing variabel tersebut diperoleh hasil bahwa secara parsial terdapat pengaruh signifikan harga dan promosi melalui instagram terhadap keputusan pembelian konsumen bomboloni di Virous Bombolone & Donuts Sidoarjo. Sehingga dari hasil penelitian tersebut pihak Virous Bombolone & Donuts Sidoarjo perlu membangun hubungan komunikasi yang lebih baik dengan konsumen dan memberikan stimulus kepada konsumen untuk meningkatkan keputusan pembelian bomboloni di Virous Bombolone & Donuts Sidoarjo dengan cara memberikan kesan ataupun pengalaman yang baik bagi konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Angriani, A. (2018). Pengaruh Varian Menu dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Catering Ukhuwah di Makassar [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/uploa d/2348-Full_Text.pdf

Ansari, D., & Amanah, D. (2020).

Determinants of Consumer Purchase Decision In SMES. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(March), 3981–3989.

Apriliani, D. P., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2022). Pengaruh Promosi, Citra Toko, Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Bahrul Maghfiroh Mart). Jiagabi, 11(2), 202–211.

BPS. (2024a). Fenomena Viralnya Cromboloni di Kota Tasikmalaya. https://tasikmalayakota.bps.go.id/id/news/2024/01/23/229/fenomena-viralnya- cromboloni-di-kota-tasikmalaya.html

BPS. (2024b). Rata - rata Konsumsi Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Makanan dan Minuman Jadi Per Kabupaten / kota ( Satuan Komoditas ), 2021-2023. https://www.bps.go.id/id/statistics- table/2/MjEwNyMy/rata-rata-konsumsi- perkapita-seminggu-menurut-kelompok- makanan-dan-minuman-jadi-per- kabupaten-kota.html

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4), 433–445.

https://doi.org/10.21276/sjbms

Diono, A. W., Astuti, N., Bahar, A., & Handajani, S. (2022). Jurnal Tata Boga Penerapan Video Tutorial Pada Pelatihan Membuat Bomboloni Bagi Ibu-Ibu Pkk Di Rt 5 Rw 2 Simo Pomahan Surabaya. Jurnal Tata Boga, 11(1), 96–105. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jur nal-tata-boga/

Fahriana, A. (2023). Pengaruh variasi menu, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian donat kampar [INSTITUT TEKNOLOGI & BISNIS NOBEL INDONESIA]. http://repository.nobel.ac.id/id/eprint/111 1/1/AYU FAHRIANA_2019212450.pdf

Febriana, P. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laziza Chicken Dan Pizza Di Jambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 744–749. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpt n/article/view/33962

Firmansyah, & Nalurita, S. (2022). Pengaruh Marketing Online Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko the Athlete’S Foot. Jurnal Mitra Manajemen, 13(2), 35–44. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/view/937/908

Gonie, L. C. P. F., Tumbel, A., & Mandagie,Y. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan dan Kopi Chamar Kawangkoan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 224–232.

Habobakr, H. A. A. B. A. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Roti (Studi Kasus CV. Dalwa Roti-Bangil). https://repository.upnjatim.ac.id/24553/

Herdiansyah, B., Mulyadi, E., Thoyib, M., & Mulyanto, A. I. (2021). Pengaruh Promosi , Harga , Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Warunk Upnormal Taman Puring Jakarta Selatan. 2(1), 98–104. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JM/a rticle/view/1264/980

Isa, M., Mardalis, A., & Mangifera, L. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan dan Minuman di Warung Hik. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(1), 44–51. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v20i1.6590

Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 1095–1105. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.724

Lukito, W. A., & Fahmi, A. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90–95. https://djournals.com/arbitrase/article/vie w/105

Ndaru, G. S. (2019). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Bakery di Kota Semarang [Universitas Katolik Soegijapranata]. http://repository.unika.ac.id/id/eprint/201 41

Nusantari, S., Munir, M., & Mahaputra, A. P. (2023). Pengaruh Variasi Produk. Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buket Dan Kerajinan Di Umkm Nusantary. Id Kediri.Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(5), 50–60. http://ejournal.warunayama.org/index.ph p/triwikrama/article/view/320

Patimah, S., Muhammad Hasyim, Saipul Al Sukri, Didit Hadayanti, & Hendrajaya. (2023). Analysis The Influence of Price, Promotion, Distribution, Product Quality and Brand Image on Purchase Decision of Cereal Product. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(1), 179–185. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i1.928

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In Cv. Wade Group. http://eprints.umpo.ac.id/2851/3/Layout Statistik.pdf

Rusdi, A., Syahputra, E., & Kusuma Wardhani, R. (2023). Pengaruh Variasi Menu, Cita Rasa, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laue Burger Bar Kediri. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 01(05), 50–60.

https://scholar.google.co.id/citations?vie w_op=view_citation&hl=en&user=SQXI KcIAAAAJ&citation_for_view=SQXIK cIAAAAJ:UebtZRa9Y70C

Santoso, S. A. (2019). Pengaruh Variasi Menu, Harga, Jam Kerja, Dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Warung Tegal Di Kecamatan Ciputat Timur. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handl e/123456789/47938

Setiawati, H. (2012). Penentuan Harga Jual Tiga Jenis Roti Manis Pada Industri Pengolahan Roti Manis Dengan Kapasitas Tepung Terigu 250 Kg Per Hari [Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya]. In Repository Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. https://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1 7824

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Tanjung, A. F., Adha, R., & Batubara, C. (2023). Pengaruh Variasi Menu, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Di Tom Sushi Pada Mahasiswa FEBI UINSU. Jurnal E-Bis, 7(2), 586–600. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i2.1277

Utami, E., & Syukur, Y. (2022). Bakery Sebagai Penguatan Ekonomi, Ketahanan Pangan Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Remunggai Di Kelurahan Lingkar Timur. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 210–217. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.444

Diterbitkan

2024-11-10

Cara Mengutip

Firdaus, J. E., & Cahya, S. B. (2024). PENGARUH VARIASI MENU, HARGA, DAN PROMOSI MELALUI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BOMBOLONI (Studi di Virous Bombolone & Donuts Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 316–328. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p316-328

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 182 , PDF Downloads: 198