Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Perilaku Konsumen Kelaas X Bisnis Digital SMKS Ketintang SUrabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p349-355Kata Kunci:
Modul ajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Penelitian dan Pengembangan, Perilaku Konsumen, Consumer Behavior, differentiated learning, research and development, teaching moduleAbstrak
Pergantian kurikulum pendidikan di Indonesia menjadi kurikulum merdeka menuntut adaptasi dalam berbagai aspek kegiatan pembelajaran, seperti dalam hal penggunaan modul ajar dan strategi pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menilai kualitas modul ajar serta meningkatkan hasil belajar peserta didik, menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Bisnis Digital 2 SMKS Ketintang Surabaya. Instrumen penelitian meliputi wawancara, telaah dan validasi ahli, respon peserta didik, dan uji efektivitas produk. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan materi perilaku konsumen pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran. Kelayakan produk dinilai sangat layak oleh ahli materi (83%), media (82%), dan bahasa (100%). Uji coba terbatas mendapat nilai 87,37% (sangat layak) dan uji coba kelompok besar 92,59% (sangat layak). Efektivitas produk menunjukkan nilai 0,78, dengan kriteria efektivitas tinggi. Dengan demikian, modul ajar yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Bahasa, B. pengembangan dan pembinaan. (2016). Pengembangan pada KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengembangan
Kemdikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemendikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Khomaria, I. N., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Learning Cycle pada Materi Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2492–2503. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6993
Bahtiar, A., & Sulistyowati, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Digital Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep Pemasaran Online Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3), 618–624. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%25p
Madani, N., Sirait, J., & Oktavianty, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kinematika Gerak Lurus Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 11(2), 206–219. https://doi.org/10.24127/jpf.v11i2.8626
Basri, H., & Tambunan, N. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Sunggal. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2575–2587. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.
Nurahman, U. (2022). Merdeka Belajar dan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differential Instructions).
Beyer, B. K. (1991). Teaching Thinking Skills: A Handbook for Elementary School Teachers. Ally and Bacon.
Ritaudin, A., Supadiyanto, Suprihato, J., Helmi, A. F., Christiani, T. A., Sudiyo, Suyono, Nurbaya, S., Dimyati, N., Buchori, & Purnama, N. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Sleman : Antara Kendala dan Solusinya. Zahir Publishing.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 muhammad nashir, Tri Sudarwanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

