Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Perilaku Konsumen Kelaas X Bisnis Digital SMKS Ketintang SUrabaya

Penulis

  • Muhammad Nashiruddin Ibn Abdi Robbih Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p349-355

Kata Kunci:

Modul ajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Penelitian dan Pengembangan, Perilaku Konsumen, Consumer Behavior, differentiated learning, research and development, teaching module

Abstrak

Pergantian kurikulum pendidikan di Indonesia menjadi kurikulum merdeka menuntut adaptasi dalam berbagai aspek kegiatan pembelajaran, seperti dalam hal penggunaan modul ajar dan strategi pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menilai kualitas modul ajar serta meningkatkan hasil belajar peserta didik, menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Bisnis Digital 2 SMKS Ketintang Surabaya. Instrumen penelitian meliputi wawancara, telaah dan validasi ahli, respon peserta didik, dan uji efektivitas produk. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan materi perilaku konsumen pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran. Kelayakan produk dinilai sangat layak oleh ahli materi (83%), media (82%), dan bahasa (100%). Uji coba terbatas mendapat nilai 87,37% (sangat layak) dan uji coba kelompok besar 92,59% (sangat layak). Efektivitas produk menunjukkan nilai 0,78, dengan kriteria efektivitas tinggi. Dengan demikian, modul ajar yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Bahasa, B. pengembangan dan pembinaan. (2016). Pengembangan pada KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengembangan

Kemdikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemendikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Khomaria, I. N., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Learning Cycle pada Materi Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2492–2503. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6993

Bahtiar, A., & Sulistyowati, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Digital Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep Pemasaran Online Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3), 618–624. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%25p

Madani, N., Sirait, J., & Oktavianty, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kinematika Gerak Lurus Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 11(2), 206–219. https://doi.org/10.24127/jpf.v11i2.8626

Basri, H., & Tambunan, N. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Sunggal. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2575–2587. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Nurahman, U. (2022). Merdeka Belajar dan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differential Instructions).

Beyer, B. K. (1991). Teaching Thinking Skills: A Handbook for Elementary School Teachers. Ally and Bacon.

Ritaudin, A., Supadiyanto, Suprihato, J., Helmi, A. F., Christiani, T. A., Sudiyo, Suyono, Nurbaya, S., Dimyati, N., Buchori, & Purnama, N. (2023). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Sleman : Antara Kendala dan Solusinya. Zahir Publishing.

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Robbih, M. N. I. A., & Sudarwanto, T. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Perilaku Konsumen Kelaas X Bisnis Digital SMKS Ketintang SUrabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 349–355. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p349-355

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 232 , PDF Downloads: 163