PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN, PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN, DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA ONLINE PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p391-403Kata Kunci:
Entrepreneurship; Marketing, Online Entrepreneurship InterestAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menilai bagaimana mata kuliah kewirausahaan, praktik kewirausahaan, dan pemasaran digital mempengaruhi minat berwirausaha secara daring di kalangan mahasiswa Pendidikan Bisnis di Universitas Negeri Surabaya. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa yang terdaftar dalam program Pendidikan Bisnis di Universitas Negeri Surabaya, khususnya yang telah menyelesaikan mata kuliah kewirausahaan, praktik kewirausahaan, dan pemasaran digital. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel sebanyak 65 mahasiswa. Analisis menggunakan metode linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara parsial antara mata kuliah kewirausahaan dan minat berwirausaha secara online. Variabel praktik kewirausahaan dan pemasaran digital memiliki dampak yang baik terhadap minat berwirausaha online. Temuan penelitian ini mengungkapkan pengaruh positif secara bersamaan antara mata kuliah kewirausahaan, praktik kewirausahaan, dan pemasaran digital terhadap minat berwirausaha online.
Unduhan
Referensi
Alimuddin, M., & Poddala, P. (2023). Prospek Digital Marketing Untuk Generasi Muda Dalam Berwirausaha (Vol. 1, Issue 1).
Ani, A., Setyoningrum, D., Maritim, P., Indonesia, N., Pawiyatan Luhur, J., Duwur, B., & Semarang, K. (2022). Pengaruh Pendidikan Praktek Kewirausahaan dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. 8(1).
Arimbawa, P. A. P., & Putri, L. I. (2023). Analisis Minat Berwirausaha Melalui Implementasi Dua Perspektif Teori (SCT x TPB). Ekonomi Dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, Dan Terapan Teori, 27(2), 61–71. https://doi.org/10.24123/jeb.v27i2.5823
Basuki, Widyanti, R., & Rajiani, I. (2021). Nascent entrepreneurs of millennial generations in the emerging market of Indonesia. Entrepreneurial Business and Economics Review, 9(2), 151–165. https://doi.org/10.15678/EBER.2021.090210
Bharata, W. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Usaha terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital
Dahlia, E., Purwaningsih, E., & Buwono, S. (2019). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi PPAPK FKIP Untan Pontianak.
Erliana, N., Prodi, S. D., Ekonomi, P., Habsari, N. T., Prodi, D., & Sejarah, P. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-entrepreneur.
Febi Mahardika, N., & Cahya, S. B. (2023). Analisis Minat Berbisnis Online Pada Siswa Jurusan Bisnis Daring Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2).
Fitriyansyah, M., Harmanda, D., Pratama, S., Septianti, A., & Vita Pratami, A. (2021). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan, Praktek Kewirausahaan, Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Jambi. In Indonesian Educational Administration and Leadership Journal (IDEAL (Vol. 03, Issue 1).
Hasan, Hurriah. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Immplikasi Dalam Memamandirikan Generasi Muda.
Istiqomah. (2021). Pengaruh Pengetahuan Digital Marketing Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta (Vol. 7, Issue 1).
Mardikaningsih. (2021). Minat Berwirausaha Mahasiswa Ditinjau dari Konsep Diri.
Marsyeli, A. N. W. T. (2023). Journal Of International Multidisciplinary Research. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Maullah, S., & Rofiuddin, M. (2021). Mengukur minat berwirausaha dengan menggunakan pendekatan theory of planned behavior dan religiusitas. Journal of Management and Digital Business, 1(2), 105–121. https://doi.org/10.53088/jmdb.v1i2.49
Nasir, M., Studi Ilmu Administrasi Bisnis, P., Setih Setio, S., & Bungo, M. (2020). Seminar Nasional Hasil Riset Prefix-Reb Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berwirausaha Pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio Muara Bungo.
Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Dalam Menumbuhkan Sikap Mental Kewirausahaan Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 7(2), 403. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10287
Sari, E. P. P., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Mata Kuliah Praktik Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA Saat Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3669–3682. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2703
Septianti, D., & Frastuti, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang.
Sudarso, Y., Setyadi, D., Nahar, M., Arrezqi, M., Administrasi, J., Politeknik, B., Semarang, N., Soedarto, J. H., & Tembalang, S. H. (2021). Analisis Kajian Minat Berwirausaha Bisnis Online Pada Siswa Pondok Pesantren Mahasiswa Di Banyumanik Semarang.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh digital marketing dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen. In AKUNTABEL (Vol. 18, Issue 4). http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL
Tryazi, F., & Ekawarna, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, dan Ekspetasi Pendapatan terhadap Minat Berbisnis online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi 2020.
Utomo. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKADEMI KESEJAHTERAAN SOSIAL AKK YOGYAKARTA Istiqomah (Vol. 7, Issue 1).
Wardhani, P. S. N., & Nastiti, D. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirasaha Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 177–191. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i2.2622
Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Suparno, Sebayang, K. D. A., Mukhtar, S., & Shafiai, M. H. M. (2023). How does digital entrepreneurship education promote entrepreneurial intention? The role of social media and entrepreneurial intuition. Social Sciences and Humanities Open, 8(1). https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100681
Wingdes, I. (2018). Theory of Planned Behavior dan Minat Wirausaha Pada Mahasiswa Ilmu Informatika di Pontianak. UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 nela, Finisica Dwijayati Patrikha

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 247
,
PDF Downloads: 178
