The Pengaruh Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Labschool 1 Unesa Jurusan Bisnis Digital

Pengaruh Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Labschool 1 Unesa Jurusan Bisnis Digital

Penulis

  • Rafverga Aristanta Universitas Negeri Surabaya
  • Septyan Budy Cahya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p422-430

Kata Kunci:

Mata Pelajaran Kewirausahaan, Dukungan Orang Tua Minat Berwirausaha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh: 1) Mata Pelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Labschool Unesa, serta 2) Dukungan Orang Tua terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Labschool Unesa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII Jurusan Bisnis Digital. Sampel penelitian berjumlah 54 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mata Pelajaran Kewirausahaan (X1) dan Dukungan Orang Tua (X2) terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Labschool 1 Unesa memiliki pengaruh positif signifikan, hal ini dilihat dari hasil regresi linear berganda pada X1 sebesar 0,330 dan X2 sebesar 0,052. 2) Diperoleh nilai signifikansi pada uji parsial (uji T) sebesar 0,004 untuk varibel X1 dan 0,000 untuk variabel X2 atau lebih kecil dari 0,05, sedangkan pada uji simultan (uji F) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 atau lebih kecil dari 0,05, artinya Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga Mata Pelajaran Kewirausahaan (X1) dan Dukungan Orang Tua (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha (Y) siswa SMK Labschool 1 Unesa, Jurusan Bisnis Digital.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agusra, D. (2021). “Pengaruh Pengetahuan, Motivasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen”. Manajement Studies & Intrepreneurship Journal, 2(1), hlm. 68-76.

Agustina, Y., dan Pratama, R. (2019). “Pengaruh Motivasi, Kepercayaan Diri dan Inovasi pada Kewirausahaan Siswa SMK”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 21(2), hlm. 85-92.

Aminah, S., Nurdiyanah, N. Y., Affifah, S. A., Rahmawati, R. A., Maulidiyah, L., Kurnia, U., dan Maisaroh, S. (2022). “Meningkatkan Keterampilan Wirausaha Siswa MTs Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan Melalui Pendampingan Pembuatan Aneka Jajanan”, Santri: Journal of Student Engagement, 1(1), hlm. 26-38.

Anggraeni, B. dan Harnanik. “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal, Kabupaten Pemalang”, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), hlm. 42-52.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayuni, K. P. D. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup pada Pasien Kanker Payudara Tahun 2020. Doctoral Dissertation. Poltekkes Denpasar, Jurusan Keperawatan.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Prentice-Hall.

Cui, J., Sun, J., dan Bell, R. (2021). The Impact of Entrepeneurship Education on The Entrepeneurial Mindset of College Students in China: The Mediating Role of Inspirational and The Role of Educational Attributes. International Journal of Management Education, 19(1), 100296. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.04.001.

Dewi, A. (2016). “Pengaruh Sikap Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Mengelola Usaha pada Peserta Program Mahasiswa”, Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), hlm. 1-11.

Fauzati, P., & Suryani, K. (2019). “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Terhadap Niat Mahasiswa untuk Berwirausaha”, Jurnal Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Fayolle. (2006). “The Role of Entrepreneurship Education in Students' Entrepreneurial Intention”.

Franke, N., dan Luthje, C. (2004). Enntrepeneurial Intentions of Business Students – A Benchmarking Study. International Journal of Innovation and Technology Management, 1(3), 269-288. https://doi.org/10.1142/S0219877004000209.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hapsari, T. P. (2018). “Peran Lingkungan Kampus dalam Memoderasi Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha”, Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(2), hlm. 197-214.

Imron. (2019). “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang”. Indonesian Journal on Software Engineering, 5(1), hlm. 19-28.

Indra, H., Waskito dan Mulianti. (2019). “Hubungan Dukungan Keluarga dengan Minat Berwirausaha Bidang Pengelasan pada Siswa Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 2 Payakumbuh”, Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 1(4), hlm. 943-949.

Jadmiko., Purbo, Azliyanti, E., dan Putri, T. D. (2019). “Peran Dukungan Keluarga, Dukungan Pendidikan dan Kepercayaan Diri Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Mahasiswa Fakulltas Ekonomi, Universitas Bung Hatta). Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 14(1), hlm. 20.

Kerlinger, F. N., Lee, H. B. dan Bhanthumnavin, D. (2000). “Foundations of Behavioral Research: The Most Sustainable Popular Textbook by Kerlinger & Lee (2000)”. Journal of Social Development, 13(2), hlm. 131-144.

Lado, Y. H. P., Silcyjeova, M. dan Jane, G. P. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Minat Beriklan di Radio Montini 106 FM Manado”. Jurnal EMBA, 10(4), hlm. 995-1006.

Lubis, M. H. (2020). “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self Confidence Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017, Universitas Jambi”. Thesis. Jambi: Universitas Jambi.

Luthfia, F. dan Yulastri, A. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Tata Boga dan Teknologi, 4(2).

Marilin, W. C., Nuraini, A. dan Bambang, G. S. “"Pengaruh Praktik Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas XII Pemasaran di SMKN 1 Pontianak", Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), hlm. 370–396.

Mindayani, R. (2019). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha (Survey pada UMKM Pisang Sale Kabupaten Sumedang)”, Universitas Pendidikan Indonesia.

Naufal, T. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2020-2021 Universitas Jambi. Jambi: Universitas Jambi.

Periera, A., Mashabi, N. A. dan Muhariati, M. (2025). “Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Anak dalam Berwirausaha (Pada Siswa SMK Strada Koja, Jakarta Utara)”. JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 4(2).

Putra, A. A. C., Haryanto, H. dan Dolphina, E. (2021). “Implementasi Metode Association Rule Mining dengan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Promo Barang. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 10(2), hlm. 93-103.

Putri, D. Y., dan Fidyah, J. “Pengaruh Penguasaan Literasi Digital Serta Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Lumajang”, PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 9(2), hlm. 1-7.

Santrock, Jhon W. (2011). Life – Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Edisi 13, Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Sarstedt, M., Ringle, C. M. dan Hair, J. F. (2023). “Do Entrepreneurial Self-Efficacy, Entrepreneurial Motivation, and Family Support Enhance Entrepreneurial Intention? The Mediating Role of Entrepreneurial Education”. Asia Pasific Joournal of Innovation and Entrepreneurship, 17(1), hlm. 20-45.

Sekaran, U. dan Bougie, R. (2016). “Research Methods for Business: A Skill Building Approach”. Academic Journal Bangkokthonburi University, 2(2).

Setyaki, E. dan Sugiyanto. (2023). “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha”, 2(4), hlm. 277-294.

Sholihin, M. dan Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Penerbit Andi.

Sintya, N. M. (2019). “Pengaruh Motifasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Mahasaraswati Denpasar”. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen), 1(1), hlm. 337.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2008). Metodoe Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, Y. (2011). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta)”. Jurnal Akmenika, Vol. 7, hlm. 7.

Sumayyah. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Shopee (Studi Kasus pada Shopee Kelurahan Sunter Jaya Jakarta Utara)”, Thesis (Skripsi), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Suryana. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Susanto, S. C. (2017). “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa”. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(3), hlm. 278-286.

Suyono, S. dan Fatmawati, E. (2015). “Pengembangan Minat Berwirausaha Siswa SMK Melalui Mata Pelajaran Kewirausahaan”, Jurnal Pendidikan Vokasional, 5(2), hlm. 123-136.

Uyanik, G. K., dan Guler, N. (2013). “A Study on Multiple Linear Regression Analysis”. Procedia-Social and Behavioral Science. Vol. 106, hlm. 234-240.

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Rafverga Aristanta, & Cahya, S. B. (2024). The Pengaruh Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Labschool 1 Unesa Jurusan Bisnis Digital: Pengaruh Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Labschool 1 Unesa Jurusan Bisnis Digital. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(3), 422–430. https://doi.org/10.26740/jptn.v12n3.p422-430

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 238 , PDF Downloads: 132